TangerangNews.com

Puncak Arus Mudik ke Arah Merak Melalui Tol Tangerang Diprediksi H-5 Lebaran

Denny Bagus Irawan | Kamis, 23 Juni 2016 | 16:10 | Dibaca : 1263


PT MMS memberikan penjelasan terkait pelebaran jalan. (Dens Bagoes Irawan / TangerangNews)


 

TANGERANGNews.com-Pengelola jalan tol Tangerang-Merak, PT Marga Mandalasakti (MMS), memprediksi puncak arus mudik Lebaran tahun ini jatuh pada tanggal 1 Juli 2016. "Puncak arus mudik tahun ini diperkirakan H-5 Lebaran. Dibanding tahun 2015, kami juga prediksi ada kenaikan jumlah pemudik sebesar 5,5 persen untuk tahun ini," kata Indah Permanasari, Kepala Divisi Hukum dan Humas PT MMS Indah Permanasari, Kamis (23/6/2016) siang.

 

Indah menjelaskan, kendaraan yang melalui jalan tol Tangerang-Merak menjelang Lebaran nanti dibagi ke dalam dua kategori, yakni mereka yang mudik dan mereka yang berwisata. Untuk arus kendaraan yang hendak berwisata ke kawasan Banten, diprediksi mencapai puncaknya pada H+2 dan H+5 Lebaran.

"Sedangkan untuk arus balik, perkiraannya jatuh pada H+3 dan H+5 Lebaran," tutur Indah.

Untuk menunjang arus mudik dan balik Lebaran tahun ini, PT MMS telah menyiapkan sejumlah hal. Seperti menambah sembilan gardu tol, enam gardu tol otomatis (GTO), kendaraan derek, petugas gardu, serta bekerja sama dengan kepolisian setempat menambah personel dan kendaraan operasional.

"Kami juga menambah papan informasi elektronik yang terhubung langsung dengan pantauan di Pelabuhan Merak, jadi pemudik bisa dapat informasi langsung terkait kondisi di sana," ujar Indah.

Pada sejumlah rest area yang mengarah ke Merak, juga disiapkan posko-posko mudik serta loket penjualan tiket ASDP bagi pemudik yang belum membeli tiket untuk menyeberang melalui Pelabuhan Merak.

 

"Ada beberapa skema jika terjadi macet, di antaranya alternatif manajemen lalu lintas, penampungan kendaraan di Jalan Cikuasa, dan mengarahkan kendaraan ke rest area," katanya.

Indah mengungkapkan, pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian setempat untuk membantu mengarahkan kendaraan jika terjadi macet. Sejumlah exit tol turut disiapkan sebagai jalur alternatif pemudik yang terdampak kemacetan antrean kendaraan menuju Pelabuhan Merak.

Adapun untuk tempat penampungan kendaraan, sistemnya seperti tempat parkir sementara yang ditentukan di Jalan Cikuasa, Cilegon, Banten. Sementara kendaraannya ditaruh di tempat penampungan, pengendara dapat beristirahat dan menunggu antrean kendaraan menuju Pelabuhan Merak.