TangerangNews.com

Tak Mampu Beli Bensin, Warga Tangsel & Tangerang Gadai KTP

Dena Perdana | Selasa, 22 November 2016 | 13:00 | Dibaca : 2200


SPBU (istimewa / tangerangnews)


 

TANGERANGNews.com-Karena tak mampu beli bensin, warga di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) dan Kabupetan Tangerang sampai menggadai kartu identitas sampai surat penting kendaraan.

Hal itu dijelaskan oleh Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Natalia Kurniawati , Selasa (22/11/2016) siang kepada wartawan. "Ini sudah lama, warga sampai menggadaikan KTP, SIM, STNK, sampai ponsel kepada petugas SPBU," ujarnya.

Lokasi SPBU yang ditemukan YLKI yakni  di SPBU Jalan Raya Binong  di Kabupaten Tangerang dan SPBU di Jalan Raya Ciater untuk di Kota Tangsel .

Dari temuan Natalia, warga yang menggadaikan surat dan ponselnya itu sengaja meminta petugas SPBU untuk mengisi bahan bakar ke kendaraan mereka terlebih dahulu.

"Setelah bahan bakar di kendaraannya terisi penuh, baru warga tersebut mengaku tidak memiliki uang dan berniat menggadaikan kartu identitas, surat kendaraan, serta ponselnya," ujarnya.

Petugas SPBU itu pun  mengaku kapok kalau terus terjadi seperti itu. Untuk mengantisipasinya, petugas  SPBU di daerah pinggiran ini meminta uang terlebih dahulu baru kemudian mengisi bahan bakar. "Antisipasinya bayar dulu, baru diisi," tuturnya.