TangerangNews.com

PDAM Olah Air Minum di Situ Cipondoh

| Senin, 1 Februari 2010 | 19:18 | Dibaca : 14022

 
TANGERANGNEWS-Pada tahun 2010 ini, Perusahaan Dagang Air Minum (PDAM) Tirta Benteng Kota Tangerang akan membangun Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) di Situ Cipondoh dan sungai di Kecamatan Benda untuk memenuhi permintaan 10.500 pelanggan yang sudah mendaftarkan diri.
 
Menurut Humas PDAM Tirta Benteng Ichsan Sodikin, ke 10.500 pelanggan itu merupakan di luar jumlah pelanggan yang sudah terlayani, yakni sebanyak 17.400 pelanggan dari empat SPAM yang ada di PDAM Tirta Benteng. “Sebenarnya jumlah calon pelanggan yang sudah mendaftar mencapai 60 ribu lebih, tapi belum bisa terlayani karena keterbatasan pasokan air,” paparnya.
 Ichsan menjelaskan, nantinya daya pasok air untuk SPAM di Situ Cipondoh mencapai 60 liter perdetik, sedangkan untuk SPAM di Benda daya pasoknya 30 liter perdetik. “Pasokan air itu memang sudah diperuntukkan bagi 10.500 pelanggan,” katanya.
Ia menambahkan, untuk membangun dua SPAM tersebut, pihaknya membutuhkan investasi sebesar Rp 41 miliar. Saat ini, investasinya sedang ditenderkan dan dalam tahap pra kualifikasi. “Investasi pembuatan SPAM itu nantinya akan dikembalikan kepada investror secara berkala selama 3 tahun. Sekarang baru 3 investor yang mendaftar,” ujar Ichsan.
Ikhsan mengaku, meskipun belum bisa memenuhi semua kebutuhan masyarakat akan air minum, sejauh ini PDAM Tirta Benteng masih tetap mendapatkan keuntungan dari pelanggan yang ada. “Keuntungan kita per-Oktober 2009 mencapai Rp 11 miliar. Empat persennya kita sumbangkan ke Pemkot Tangerang. Akan tetapi, tahun 2010 ini Pemkot menghibahkan sebesar Rp 15 miliar dan pemerinah pusat Rp 5 miliar untuk PDAM,” tandasnya.(rangga)