TangerangNews.com

Gudang Petasan Meledak, DPRD Desak Pemkab Tangerang Tingkatkan Pengawasan Pergudangan

Mohamad Romli | Kamis, 26 Oktober 2017 | 14:00 | Dibaca : 2854


Nazil Fikri, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang. (@TangerangNews.com / Mohamad Romli)


TANGERANGNEWS.com-Meledaknya gudang petasan hingga menyebabkan korban jiwa di Pergudangan Kosambi, Kabupaten Tangerang, menjadi perhatian DPRD setempat. Pemkab Tangerang pun didesak agar meningkatkan pengawasan standar keselamatan gedung di wilayah tersebut.

Hal itu dikatakan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tangerang Nazil Fikri, Kamis (26/10/2017). Menurutnya, peristiwa naas itu tidak semestinya terjadi jika standar keamanan kerja dan keamanan gedung sesuai dengan peraturan perundang-undangan sudah dipatuhi. Ia pun meminta penyebab kebakaran tersebut diusut secara tuntas.

"Payung hukumnya sudah ada (Peraturan Daerah), pasca kejadian ini, pihak Pemerintah Daerah harus menginventarisir ribuan pabrik yang ada agar tidak terjadi kejadian serupa," ujarnya, Kamis (26/10/2017) diruang kerjanya.

#GOOGLE_ADS#

Nazil mensinyalir banyak bangunan gedung dan pabrik di Kabupaten Tangerang yang belum memenuhi standar keselamatan gedung, salah satu standar yang mesti tersedia diantaranya alat pemadam api untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran.

Standar tersebut ditekankannya penting karena mengacu kepada dokumen Analisa Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) atau Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL-UPL) .

"Apakah ini (penyebab kebakaran) karena human eror, natural eror atau policy eror atau kebijakan yang salah. Perusahaan itu idealnya ada Amdal atau UKL UPL, persyaratan untuk mengantisipasi hal itu," tambahnya.

Maka, lanjutnya, pengawasan dan pengecekan berkala harus terus dilakukan, agar peristiwa serupa bisa dihindari. "Supaya tidak terjadi kebakaran serupa, maka pengecekan berkala terkait keselamatan kerja, keselamatan produksi dan standar keamanan harus dilakukan," tukasnya.(RAZ/HRU)