TangerangNews.com

Peringatan HKN ke-53, Airin Ajak Warga Deklarasikan Germas

Yudi Adiyatna | Minggu, 19 November 2017 | 18:00 | Dibaca : 1687


Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany bersama para kepala OPD melakukan kegiatan makan buah bersama dalam peringatan Hari Kesehatan Nasional Ke 53, di Tandon Ciater, Serpong. (@TangerangNews / Yudi Adiyatna)


TANGERANGNEWS.com-Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany membacakan deklarasi komitmen pelaksanaan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) dalam puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang digelar Dinas Kesehatan Tangsel di Tandon Ciater, Serpong , Minggu (19/11/2017).

Dalam deklarasi yang diucapkan di hadapan ratusan peserta yang terdiri dari tenaga kesehatan, perwakilan Rumah Sakit dan masyarakat, Wali Kota Tangsel dua periode ini membacakan enam poin deklarasi ajakan bagi masyarakat Tangsel untuk hidup sehat.

Diantaranya meningkatkan edukasi hidup sehat, meningkatkan kualitas lingkungan, mencegah deteksi dini penyakit, menyediakan pangan sehat dan mempercepat pertumbuhan gizi, meningkatkan perilaku sehat dengan stop buang air sembarangan dan melakukan aktifitas fisik selama 30 menit di setiap harinya.

"Kami masyarakat Tangsel berkomitmen untuk mendukung, melaksanakan dan mewujudkan Gerakan Masyarakat Sehat (Germas)," ungkap Airin dalam pembacaan deklarasinya.

#GOOGLE_ADS#

Selain deklarasi, dalam peringatan Puncak Hari Kesehatan Nasional tersebut, juga dilakukan kegiatan makan buah bersama yang dipimpin Wali Kota Tangsel dan diikuti oleh ratusan peserta lainnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Tangsel dr Suhara Manulang dalam sambutannya menerangkan, peringatan HKN yang jatuh pada tanggal 12 November disetiap tahunnya adalah peringatan berharga bagi bangsa Indonesia, untuk tetap fokus dan semangat membangun bangsa khususnya dibidang kesehatan.

"Tema HKN di tahun 2017 ini adalah ’SEHAT KELUARGAKU, SEHAT INDONESIAKU’.Tema ini harus dimaknai secara luas dengan pendekatan melalui Germas, karena sehat tidak pandang usia, sehingga sejak usia dini hingga  lanjut usia harus cinta sehat," terang Suhara.

Dalam memperingati HKN, Dinkes Tangsel sendiri telah melaksanakan beberapa kegiatan diantaranya lomba mancing bersama antar petugas kesehatan, lalu lomba futsal antar rumah sakit, penilaian Puskesmas berprestasi dan sosialisasi Perda No 4 tentang Kawasan Tanpa Rokok.(RAZ/HRU)