TangerangNews.com

30 TKW Terlantar di Polres Metro Tangerang

| Senin, 8 Maret 2010 | 19:00 | Dibaca : 7602


TKW (tangerangnews / rangga)


 
TANGERANGNEWS-Sebanyak 30 orang TKW asal Kupang, Sukabumi, dan Pemalang terlantar di Polres Metro Tangerang semenjak Sabtu (6/3). Para TKW yang rata-rata masih berusia ABG ini berasal dari PJTKI PT. Karya Smesta Perkasa yang beralamat di Jalan. Daan Mogot KM. 11, Kota Tangerang.
 
Menurut Yovita, 19, salah satu TKW, dia bersama teman-temannya nekat berdemo dan mendobrak pintu dari asrama PJTKI tersebut agar bias keluar. Hal ini mereka lakukan karena PJTKI tersebut tidak kunjung melakukan penyaluran tehadap TKW yang ditampungnya ke luar negeri untuk bekerja.
 
“Saya di tempat itu sudah lebih 6 bulan bahkan teman saya sudah ada yang sampai setahun di tempat itu, padahal dari pihak PJTKI menjanjikan setelah menjalani pelatihan 2 bulan akan dikirim ke Malaysia untuk kerja,” katanya.
 
Yovita juga menambahkan, selama di asrama PJTKI tersebut, ia diajarkan bagaimana cara membersihkan rumah dengan baik, selain itu juga diajarkan bahasa Inggris dan Melayu. “Pada dasarnya perlakuan mereka (PJTKI) baik, tapi karena kami menunggu waktu lama untuk dikirim akhirnya kami memutuskan keluar, selain itu kami juga takut ditipu,” ungkapnya.
 
Sementara Yanti, 20, yang juga salah satu TKW mengatakan, bahwa dirinya dan teman-temannya sangat bingung karena mereka sudah tidak memegang uang sepeser pun. “Saya berharap ada bantuan dari pihak manapun untuk membantu kami agar bisa pulang ke kampung halaman, dan kami ucapkan banyak terima kasih kepada pak polisi yang sudah mau nampung dan member makan kami,” tambahnya.
 
Menurut Kasat Reskrim Polres Metro Tangerang Kompol Ari Ardian Rishadi, pihaknya akan mengembangakan dan terus menyidik kasus ini. “Kami akan mengembangkan kasus ini, apakah ada indikasi PJTKI tersebut illegal atau ada masalah lain. Dan kami juga akan meminta pertanggung jawaban PJTKI tersebut kepada para calon TKW-nya,” terangnya.(rangga)