TangerangNews.com

PDAM Tunggu Pemkot Soal Kali Mookevart

| Jumat, 12 Maret 2010 | 21:10 | Dibaca : 13025


Kali Mookevart (tangerangnews / rangga)


TANGERANGNEWS-Rencana pemanfaatan kali Mookevart untuk difungsikan menjadi reservoar sebagai tempat pengadaan air baku PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang telah direspon oleh Pemerintah Kota Tangerang. Pihak pemkot akan melakukan pengkajian rencana tersebut dengan PDAM.

 
Menurut, Humas PDAM Tirta Benteng Kota Tangerang Ichsan Sodikin, pihak Pemerintah Kota melalui Wali Kota Tangerang H Wahidin Halim telah memberitahukan akan melakukan pembahasan mengenai rencana tersebut seperti mengkaji masalah pendanaan yang diperkirakan cukup besar.
 
“Sebelumnya pak Wali bilang akan melakukan pengkajian dengan PDAM. Kita sih sudah siap untuk itu,” paparnya, Jumat (12/10). Dengan demikian, kata Ichsan, pihaknya tinggal menunggu panggilan dari Pemkot untuk pembahasan tersebut. “Sampai saat ini masih kita tunggu,” kata Ichsan.
 
Menurutnya, kali Mookevart sepanjang 6 Km ini merupakan tempat yang potensial jika dikelola untuk dijadikan penampungan air baku sehingga bisa memenuhi kebutuhan air masyarakat Kota Tangerang yang masih memerlukan air bersih. Hanya saja, kali tersebut menjadi terbengkalai sejak ditutupnya pintu air Mookevart yang terletak di Jl Daan Mogot, Kota Tangerang, pada tahun 2001 lalu.
 
Karena hal itu, sekitar 80 persen air dari sungai Cisadane yang tidak dialirkan ke kali Mookevart terbuang percuma ke laut melalui pintu air sepuluh Pasar Baru. Tak hanya itu, kali pun menjadi banyak sampah hingga menyebabkan saluran ke arah Cengkareng menjadi kumuh dan kotor.(rangga)