TangerangNews.com

Sinar Mas Land Dorong 150 Sekolah di Tangerang Terapkan GSM

Advertorial | Selasa, 30 Oktober 2018 | 16:43 | Dibaca : 1394


Sinar Mas Land menggelar kegiatan sosialisasi pelatihan Gerakan Sekolah Menyenangkan di Ruang Auditorium Green Office Park (GOP) 9, BSD City, Selasa (30/10/2018). (TangerangNews.com/2018 / Yudi Adiyatna)


 

TANGERANGNEWS.com-Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk terus memajukan dunia pendidikan Indonesia guna mewujudkan kehidupan masyarakat yang cerdas, berbudaya, dan beradab. Guna mendukung komitmen tersebut, perusahaan pengembang BSD City itu mendukung penerapan Program Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di sekolah-sekolah di sekitar kawasan BSD City. 

Dukungan secara nyata diberikan Sinar Mas Land dengan melaksanakan pelatihan GSM bagi para Kepala Sekolah dan Guru dari 150 Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Pelatihan rencananya akan diselenggarakan selama tiga hari, mulai 7 November hingga 9 November 2018 di Kawasan BSD City.

Direktur PT BSD Tbk Syukur Lawigena mengatakan, tujuan sosialisasi dan pelatihan tersebut guna memberikan pemahaman kepada pihak sekolah tentang program GSM sebagai salah satu bentuk softskill agar dapat bertransformasi menjadi sekolah yang layak, bermutu dan memiliki hasil pendidikan yang berkualitas. 

"Kami mendukung GSM karena gerakan ini mempromosikan dan membangun kesadaran bagi kepala sekolah, guru-guru, dan seluruh pemangku kebijakan pendidikan untuk membangun sekolah sebagai tempat yang menyenangkan dan manusiawi untuk belajar. Juga sebagai tempat mengembangkan potensi yang dimiliki anak, baik akademis maupun non akademis, agar anak memiliki bekal ketrampilan hidup di masa yang akan datang," ujar Syukur saat menggelar Sosialisasi sekaligus pembukaan pelatihan Gerakan Sekolah Menyenangkan digelar di Ruang Auditorium Green Office Park (GOP) 9, BSD City, Selasa (30/10/2018). 

#GOOGLE_ADS#

Sebelumnya, di tahun 2017 sendiri Sinar Mas Land juga telah mendukung penerapan GSM di tingkat SMP/Madrasah Tsanawiyah. Program tersebut telah berhasil menghasilkan tujuh sekolah model yang mendapatkan pendampingan dari Tim CSR Sinar Mas Land. Sekolah-sekolah tersebut adalah SMPN 7 Tangerang Selatan, SMPN 20 Tangerang Selatan, SMP Muhamadiyah Tangerang Selatan, MTS Pembangunan Nurul Islam Tangerang Selatan, MTS An-Nashihin Tangerang Selatan, MTSN 5 Tangerang, dan SMPI Manbaul Ulum Tangerang. 

"Penerapan program GSM sendiri mulanya diinisiasi di Yogyakarta oleh Prof. M. Nur Rizal Ph.d, dan telah berdampak positif bagi perkembangan mutu pendidikan di wilayah Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan guna melahirkan penerus yang unggul," tambah Syukur. 

Gerakan Sekolah Menyenangkan merupakan gerakan akar rumput yang terinspirasi ajaran Ki Hadjar Dewantara yang menegaskan sekolah merupakan taman yang menyenangkan. Gerakan ini mempromosikan dan membangun kesadaran guru-guru, kepala sekolah dan pemangku kebijakan pendidikan untuk membangun sekolah sebagai rumah kedua bagi anak, yaitu sekolah sebagai tempat yang menyenangkan dan manusiawi untuk belajar. Gerakan ini telah berjalan dengan baik di Yogyakarta dan telah memiliki beberapa sekolah jejaring di Jawa Tengah, Bandung dan Sumatera.(ADV)