TangerangNews.com

Sedekah Ampas Kopi, Ini Respon Pengelola Kedai Kopi di Tangerang

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 23 Januari 2019 | 20:10 | Dibaca : 2444


Headbar Kafe Black Campaign M Solihin saat membuat kopi di kedainya. (TangerangNews/2018 / Achmad Irfan Fauzi)


 

TANGERANGNEWS.com-Pengelola kedai kopi menyambut baik program sedekah ampas kopi yang dicanangkan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangerang.

Headbar Kafe Black Campaign M Solihin mengatakan bahwa pihaknya akan turut berpartisipasi dalam memberikan sedekah ampas kopi.

Headbar Kafe Black Campaign M Solihin saat membuat kopi di kedainya.

"Bagus sih, pasti akan sedekah. Yang penting solusinya baik, dan pemerintah jangan memanfaatkan untuk yang enggak-enggak," kata Solihin kepada TangerangNews di kedainya, Rabu (23/1/2019).

Ia menilai, program tersebut sebagai terobosan dalam mengelola ampas kopi dikedainya. Sebab, kata dia, sebanyak 1 kilogram ampas kopi perhari di kedainya ini sia-sia atau tak dimanfaatkan.

#GOOGLE_ADS#

"Ampas kopi kurang lebih sih disini ada 1 kilo espreso. Biasanya langsung dibuang kalau malam pas kafe tutup," ucapnya.

Namun, kata dia, pemerintah mesti mewadahi program sedekah ampas kopi yang bertujuan untuk dijadikan sebagai pupuk tanaman sekaligus untuk mengurangi timbulan sampah ini.

"Pemerintah juga harus mewadahi, kalau misal ampas dijemput ya harus serius, karena kita kan pada sibuk," imbuhnya.

Sebelumnya, Kabid Kebersihan dan Pengolahan Sampah DLH Kota Tangerang, Buceu Gartina mengajak para owner kedai kopi maupun pecinta kopi untuk bersedekah ampas kopi untuk dikontaminasi dengan kompos dan menyuburkan tanaman sehingga lingkungan di Kota Tangerang menjadi asri serta dapat mengurangi timbulan sampah.(RMI/HRU)