TangerangNews.com

Ambil Alih 3 Pasar, PT PITS Janjikan Retribusi Capai Rp2 Miliar

Rachman Deniansyah | Jumat, 1 Maret 2019 | 21:00 | Dibaca : 64


Dudung E. Direja, Ketua Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Tangerang Selatan (Tangsel). (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)


TANGERANGNEWS.com-Tiga pasar tradisional di Tangerang Selatan (Tangsel) diwacanakan akan diambil alih PT Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PT PITS). 

Tiga pasar itu, diantaranya Pasar Serpong, Pasar Jombang, dan Pasar Bintaro. 

Saat ini, wacana tersebut sudah bergulir di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tangsel. PT PITS hanya tinggal menunggu ketok palu dasar hukumnya (Peraturan Daerah/Perda).

Direktur Utama PT PITS Dudung E Diredja menjelaskan, jika nanti Perda pemindahan pengelolaan tiga pasar itu sudah sah, PT PITS akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). 

Saat ini, dari tiga pasar itu hanya menghasilkan retribusi sebesar Rp800 juta.

"Kami akan berupaya meningkatkan sharing pendapatan pasar terhadap PAD (Pendapatan Asli Daerah) Tangsel kepada Pemda. Sekarang hanya Rp800 juta dari restirbusi dan sebagainya. Setelah diserahkan ke kita, kita menjanjikan Rp2 Miliar, dua kali lipat," terang Dudung, Jumat (23/8/2019).

Angka sebesar itu, kata dia, tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi PT PITS. Namun, Dudung sangat optimis bisa mencapai angka tersebut.

"Ini merupakan challenge (tantangan) yang luar biasa. Kami dari PT PITS harus betul-betul mengelola ini," ucapnya.

Dudung mengatakan, sudah menyiapkan strategi untuk mencapai angka tersebut. Saat ini, pihaknya akan membaca keadaan pasar terlebih dahulu. 

"Saya akan mencoba melihat kegiatan selama ini di pasar seperti apa. Di situ baru akan kelihatan, di mana sektor yang harus diperbaiki, jadi tidak merubah sesuatu apapun. Tahap berikutnya, pasar ini akan dikelola seperti pasar modern atau kita akan memunculkan terobosan baru. Karena sudah banyak investor yang tertarik," pungkasnya.(MRI/RGI)