TangerangNews.com

Sambut Libur Nataru, Runway 3 Bandara Soetta Resmi Beroperasi

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 20 Desember 2019 | 17:28 | Dibaca : 307


Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin (dikanan ke dua) bersama jajarannya dalam jumpa pers di Gedung ATC, Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (20/12/2019). (TangerangNews/2019 / Achmad Irfan Fauzi)


 

TANGERANGNEWS.com-Landasan pacu atau runway 3 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang resmi beroperasi menyambut angkutan periode libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin dalam jumpa pers di Gedung ATC, Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (20/12/2019).

"Setelah 16 Desember 2019 mengoperasikan east cross taxiway , dan sekarang semua sepakat mengoperasikan runway 3," ujarnya. 

Awaluddin menjelaskan pembangunan infrastruktur runway 3 yang dimulai sejak 2017 ini secara keseluruhan sudah rampung alias 100 persen. 

"Sebenarnya Agustus 2019 lalu sudah selesai, tapi kami lebih melakukan familiarisasi dengan infrastruktur runway dengan dimensi 3 ribu meter kali 60 meter," jelasnya. 

Namun, terdapat empat dokumen mandatory yang harus disusun ulang untuk mendukung pengoperasian runway tersebut. 

#GOOGLE_ADS#

Pertama, kata Awaluddin, aero drown manual. Kedua, airport planning. Ketiga, safety management system. Dan airport security. 

"Direktorat Jenderal Perhubungan Udara sangat ketat mengawal 3S+1C ( Safety, Security, Services dan Compliance )," ungkapnya. 

Direktur Utama AirNav Indonesia Novie Riyanto menuturkan, per hari ini tepatnya hingga pukul 14.00 WIB sudah ada 64 pergerakan pesawat di runway 3. 

"Pergerakan ini berjalan dengan safe ," ucapnya. 

Dengan dioperasikannya runway 3, kata Novie, Bandara Soekarno-Hatta mampu menangani 90 pergerakan pesawat per jamnya.

"Jadi, maksimalnya 114 pergerakan," pungkasnya. 

Sehingga dioperasikannya runway 3  dapat membantu melayani pergerakan penerbangan untuk menyambut angkutan libur Nataru 2019. Sebab, jumlah penumpang pesawat dalam momen Nataru diperkirakan mencapai 3,48 juta penumpang atau naik 2 persen dibandingkan dengan periode tahun lalu. Sedangkan untuk pergerakan pesawat udara di Bandara Soekarno-Hatta, AirNav Indonesia memprediksi akan tumbuh 2,3 persen.(RMI/HRU)