TangerangNews.com

Situ Sasak Meluap, Jalan Ciputat-Pamulang Ditutup

Rachman Deniansyah | Rabu, 1 Januari 2020 | 21:03 | Dibaca : 3062


Banjir di Jalan Pajajaran Pajajaran, Pamulang, Kota Tangerang Selatan. (TangerangNews/2019 / Rachman Deniansyah)


 

TANGERANGNEWS.com-Volume air yang terus bertambah akibat guyuran hujan membuat Situ Sasak yang terletak di Jalan Pajajaran Pajajaran, Pamulang, Kota Tangerang Selatan, meluap.  Akibatnya, akses jalan yang menghubungkan Ciputat dan Pamulang pun ditutup. 

"Meluapnya sekitar jam 08.00 WIB, karena hujan yang deras. Jadi air meluap ke jalanan begini, lalu ditutup karena takut ada yang keseret arus yang meluap," kata Satria Saputra, pengawas situ Balai Besar wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC), Rabu (1/1/2020).

Menurutnya, air meluap itu diakibatkan oleh tingginya debit air. Kemudian, semakin parah akibat adanya tanaman eceng gondok yang membuat permukaan tanggul terkikis, sehingga air dengan mudah keluar. 

"Jalan ditutup sampai Situ Sasak benar- benar berkurang serta surut debit airnya dan kendaraan bisa melaluinya. Kalau sekarang banyak mobil yamg putar arah, kalau motor dialihkan lewat Jalan Saidin," katanya.

Saat ini, bibir Situ Sasak dipenuhi warga sekitar. Selain hanya sekedar ingin melihat derasnya air, terdapat pula warga yang berniat menjaring ikan.

#GOOGLE_ADS#

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Tangsel Chaerudin mengatakan, saat ini pihaknya bersama Dinas Lingkungan Hidup telah melakukan beberapa tindakan. 

"Kerjasama dengan masyarakat untuk mengangkat eceng gondok yang ada untuk mempercepat aliran air. Serta ada juga yang meminta bantuan ke kami untuk menambah kantong-kantong berisi pasir," singkatnya.(RAZ/HRU)