TangerangNews.com

Gandeng Alfamart, PWI Tangerang Latih Pelajar Keterampilan Jurnalistik

Muhamad Heru | Rabu, 12 Februari 2020 | 22:03 | Dibaca : 1446


Pelatihan jurnalistik bagi para pelajar SMAN 22 Kabupaten Tangerang, Rabu (12/2/2020). (Istimewa / Muhamad Heru)


TANGERANGNEWS.com-Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tangerang bekerjasama dengan PT. Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) menggelar pelatihan jurnalistik bagi para pelajar SMAN 22 Kabupaten Tangerang, Rabu (12/2/2020). 

Bertema Cerdas Bermedia, Milenial Melawan Hoaks’ para pelajar tersebut mendapatkan materi dasar-dasar jurnalistik dari Mohamad Romli, Sekretaris PWI Kabupaten Tangerang dan Milenial Cerdas Memilih Konten Media dari Hendra Wijaya, salah seorang pendiri media siber di Tangerang.

Ketua PWI Kabupaten Tangerang Sangki Wahyudin menjelaskan, kegiatan yang merupakan bagian dari kegiatan Hari Pers Nasional 2020 di Kabupaten Tangerang ini, sengaja digelar untuk memberikan wawasan akan bahaya hoaks kepada kaum milenial. Diharapkan dengan materi-materi yang diberikan, kaum milenial bisa lebih dewasa dan waspada saat bersosial media. 

“Hoaks dan ujaran kebencian di media sosial sangat berbahaya jika terus dibiarkan. Keduanya tidak hanya bisa memprovokasi dan menimbulkan perpecahan di kalangan masyarakat namun juga berdampak buruk baik psikologis, sosial, hingga medis” tegas Sangki. 

#GOOGLE_ADS#

Sedangkan dipilihnya kaum milenial dalam pelatihan ini jelas Sangki, selain jumlahnya paling besar, kaum milenial juga merupakan generasi penerus yang akan memimpin bangsa ini di masa depan. Jika ke depan negara ini dipimpin dan diisi oleh warga yang gemar membuat hoaks dan ujaran kebencian dipastikan Indonesia akan kacau. 

“Mudah-mudahan dengan diperkenalkan dari awal akan bahayanya, ke depan tidak akan terjadi lagi hoaks di masyarakat,” tuturnya.

Senada, Nur Rachman, Corporate Communication GM Alfamart mengatakan, dukungan yang diberikan Alfamart kepada PWI Kabupaten Tangerang dalam acara ini karena Alfamart merasa memiliki kewajiban dan tanggungjawab untuk membangun generasi muda yang cerdas dan bertanggungjawab di masyarakat.

“Ini salah satu bentuk kepedulian Alfamart terhadap perkembangan generasi muda di Indonesia,” jelasnya. 

Nur Rachman, juga menjelaskan tidak hanya peningkatan SDM, sebelumnya Alfamart juga telah bekerjasama dengan PWI Kabupaten Tangerang untuk menyalurkan sepatu kepada pelajar yang membutuhkan di Kecamatan Pagedangan, Kabupaten Tangerang. 

“Untuk pemberian sepatu dana berasal dari donasi pelanggan kami setiap berbelanja,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Sekolah SMAN 22 Kabupaten Tangerang Cahya Budi mengaku pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh PWI dan Alfamart ini. Bahkan Budi berharap kegiatan pelatihan jurnalistik ini bisa digelar secara berkelanjutan. 

“Kami berharap acara ini rutin digelar di sekolah kami, terlebih kami memiliki beberapa siswa yang sangat tertarik dan antusias terhadap jurnalistik,” pungkasnya. (RMI/RAC)