TangerangNews.com

Masih Ada Pelanggaran, Airin Sepakat PSBB Diperpanjang

Rachman Deniansyah | Rabu, 29 April 2020 | 22:01 | Dibaca : 1221


Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany. (TangerangNews / Rachman Deniansyah)


 

TANGERANGNEWS.com-Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany menyepakati perpanjangan masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB).

Namun, perpanjangan itu akan dilakukan setelah ada kebijakan dari Gubernur Banten Wahidin Halim serta kesepakatan dengan para kepala daerah di Tangerang Raya.

"Tentu kita akan mengikuti kebijakan dari Gubernur," ucap Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Rabu (29/4/2020).

Perpanjangan masa PSBB itu dirasa perlu, karena selama 11 hari pelaksanaannya, masih cukup banyak  warga yang tak mengindahkan ketentuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona tersebut. 

"Tidak menggunakan masker, berboncengan motor berdua, orang masih keluar rumah. Usaha yang tidak dikecualikan, tetap berusaha (menjalankan usahanya), ini masih kita temui," tuturnya. 

#GOOGLE_ADS#

Berdasarkan evaluasi harian, angka keberhasilan PSBB di Tangsel masih berada di angka 60 persen.

"Di satu sisi kepatuhan masyarakat akan PSBB sekitar 60 persen, belum 80 persen. (Sedangkan) idealnya itu 90 persen, baru bisa dikatakan PSBB sukses," imbuhnya. 

Persentase keberhasilan itu diluar jumlah kasus  COVID-19 yang sejauh ini masih bertambah. 

"Sampai hari ini, saya tadi diskusi dengan para direktur rumah sakit, kami tidak bisa menunjukkan relevansi PSBB dengan data ODP (orang dalam pemantauan), PDP (pasien dalam pengawasan) dan positif. Saya tidak bisa jelaskan," tuturnya. 

"Sampai hari ini, saya tidak berani menyampaikan, apakah PSBB bisa mengurangi ODP, PDP, dan positif. Karena kita tidak punya data akurat secara ril time, untuk (pasien) positif. Tapi yang pasti pemantauan terhadap ODP, PDP, positif dan rapid tes terus kita lakukan," pungkasnya.(RMI/HRU)