TangerangNews.com

Alumni Akabri 89 Sulap Lahan 11 Hektare di Cisadane Jadi Kawasan Ketahanan Pangan

Achmad Irfan Fauzi | Sabtu, 1 Agustus 2020 | 13:05 | Dibaca : 4930


Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto saat menebar benih ikan di kawasan ketahanan pangan, Banksasuci Cibodas, Kota Tangerang. (TangerangNews.com / Achmad Irfan Fauzi)


 

TANGERANGNEWS.com–Alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Akademi TNI dan Akademi Kepolisian) angkatan tahun 1989 menyulap lahan seluas 11 hektar di bantaran sungai Cisadane di Banksasuci, Cibodas, Kota Tangerang menjadi kawasan ketahanan pangan, Sabtu (1/8/2020). 

Pemanfaatan lahan tidur tersebut sebagai bentuk kepedulian Akabri 89 dalam membantu perekonomian masyarakat untuk menghadapi adaptasi kebiasaan baru di tengah pandemi COVID-19. 

Gerakan yang diinisiasi Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto bersama alumni Akabri 89 dan komunitas Banksasuci ini dilakukan dengan cara menanam bibit pohon, menebar benih ikan, dan budidaya perkebunan. 

"Kami berusaha memanfaatkan lokasi-lokasi yang bisa digunakan untuk ketahanan pangan untuk memberikan lapangan kerja kepada masyarakat," ujar Komjen Agus. 

#GOOGLE_ADS#

Sementara Ketua Altar 89 Mayjen TNI Rudianto menuturkan pihaknya membantu biaya operasional lahan dan alat pertanian kepada Banksasuci yang turut membantu melestarikan lingkungan dengan menjaga alam, khususnya sungai Cisadane dari sampah.

"Kami berikan bantuan alat pertanian berupa empat unit traktor, empat mesin pemotong rumput, 10 cangkul, 10 garpu, dan satu pompa air alkon," katanya. 

Dia berharap aktivitas perkebunan di kawasan ketahanan pangan tersebut dapat menjadi pelopor dalam menunjang perekonomian masyarakat di tengah pandemi COVID-19. 

"Ini bagian dari kami untuk mendukung program pemerintah dalam dangka Indonesia tumbuh, berdaya, bekerja dengan memanfaatkan lahan kosong," pungkasnya.(RMI/HRU)