TangerangNews.com

29 Buruh PT LG di Tangerang Positif COVID-19

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 23 September 2020 | 11:23 | Dibaca : 3095


PT LG Electronics Indonesia. (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com-Klaster penularan COVID-19 muncul lagi di pabrik Kabupaten Tangerang. Jika sebelumnya buruh pabrik permen yang terjangkit tersebut, kali ini di PT LG Electronics Indonesia.

Adapun jumlah karyawan yang hingga kini terkonfirmasi positif COVID-19 di PT LG sebanyak 29 orang.

"Iya, itu kan bukan langsung sekaligus (positif), tapi bertahap. PT LG yang di Legok," kata Jubir Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi seperti dilasnir dari Detikcom, Selasa (22/9/2020).

Ditemukan klaster baru di pabrik produksi elekronik ini pada 31 Agustus. Ketika itu, ada satu karyawan yang diketahui terpapar. Lalu, pihak perusahaan langsung merapid test ke 1.127 karyawannya. 

Hasilnya, ditemukan ada karaywan yang reaktif.  Kemudian yang reaktif terserbut di-swab test hingga terkonfirmasi positif.

“Ada juga beberapa karyawan yang dilaporkan sakit dan dirawat saat rapid massal di perusahaan. Setelah dilakukan swab, ternyata mereka juga positif. Jumlahnya ada sekitar 3 atau 4 orang.

#GOOGLE_ADS#

“Jadi 29 total yang positif itu hasil pemeriskaan bertahap," tutur Hendra.

Namun menurutnya, sampai saat ini sudah ada 15 karyawan yang sembuh. Sisanya, ada yang dikarantina di Hotel Yasmin dan isolasi mandiri. Pihak perusahaan pun masih menunggu hasil swab lanjutan karyawan yang lainnya.

Hasil tracing dan tes oleh pihak perusahaan juga sudah dilaporkan ke Bupati Tangerang. Atas klaster ini, pihak Pemkab Tangerang pun akan melakukan pemanggilan ke industri-industri di Tangerang.

"Kita kan satgas mau ngumpulin per wilayah pabrik, untuk meningkatkan protokol dan skrining. Lalu rapid test karyawannya," ucap Hendra. (RAZ/RAC)