TangerangNews.com

ASTRA Infra Siap Sambut Masyarakat yang Melintasi Tol Selama Libur Nataru 2021

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 10 Desember 2020 | 15:44 | Dibaca : 488


Group CEO ASTRA Infra Djap Tet Fa saat menyampaikan paparannya terkait persiapan ASTRA Infra dalam menyambut Nataru 2021. (TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)


 

TANGERANGNEWS.com- ASTRA Infra, sebagai kelompok usaha ASTRA yang telah berkontribusi di infrastruktur jalan tol sepanjang 357,6 Km, menyampaikan siap menyambut dan melayani masyarakat yang memanfaatkan tol selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021. 

 

Group CEO Djap Tet Fa mengatakan, pihaknya menggencarkan kampanye 'Nataru Aman & Asik' (Ayo Mengikuti AturaN & Ayo Selalu Ikuti protokol Kesehatan) pada momentum Nataru 2021 ini untuk mendukung masyarakat mengutamakan keselamatan dan kesehatan di tengah pandemi COVID-19. 

 

“Di tengah pandemi, ASTRA Infra tetap berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan dan terus meningkatkan kontribusinya untuk kemajuan infrastruktur di Indonesia. Mulai pengembangan bisnis, pengoperasian dan pengelolaan jalan tol hingga Rest Area,” ujarnya dalam acara virtual dengan wartawan, Kamis (10/12/2020). 

 

Tet Fa menjelaskan, beberapa pencapaian ASTRA Infra di tahun 2020 di antaranya adalah pengoperasian Resta Pendopo KM 456 Tol Semarang-Solo, Rest Area Bale Nglaras 487 Tol Semarang –Solo, pengoperasian Simpang Susun Balaraja Timur Tol Tangerang-Merak, pelebaran lajur ke-3 ruas Balaraja Barat - Cikande Tol Tangerang-Merak, serta Groundbreaking Jalan Tol Akses Bandarudara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati pada September 2020. 

#GOOGLE_ADS#

“Di akhir November 2020, ASTRA Infra juga telah menambah portofolio ke-7 Jalan Tol dengan mengakuisi 100% saham di PT Jakarta Marga Jaya dan menjadi pemilik 35% saham PT Marga Lingkar Jakarta yang merupakan BUJT Ruas Tol JORR I W2N (Kebon Jeruk-Ulujami),” katanya. 

 

CEO Toll Road Business Group Krist Ade Sudiyono menjelaskan, menjelang momen akhir tahun, ASTRA Infra telah melakukan persiapan yang menyeluruh untuk melayani pengguna jalan tol agar dapat menikmati liburan Nataru yang Aman dan Asik. 

 

Terkait dengan pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, secara Krist juga mengingatkan pengguna jalan tol untuk tetap bijak merencanakan liburan Natal dan Tahun Baru 2021. 

 

“Tahun ini ASTRA Infra mengkampanyekan Nataru Aman & Asik, suatu pengalaman perjalanan di jalan tol ASTRA Infra di momen Natal dan Tahun Baru yang aman dan sesuai dengan protokol kesehatan," jelas Krist. 

 

Keselamatan berkendara merupakan ajakan kepada para pengguna jalan tol yang diwujudkan dalam kampanye bulan keselamatan berkendara 2020. 

 

Krist menjelaskan implementasi kampanye ini adalah berupa tindakan preventif untuk menekan angka kecelakaan yang diakibatkan oleh faktor manusia seperti mengantuk, kelelahan, tidak konsentrasi, kecepatan tinggi, serta menekan praktek Over Dimension Over Load (ODOL) yang berpotensi menimbulkan kecelakaan serta memengaruhi kualitas jalan tol. 

 

“Kampanye bulan keselamatan berkendaran tersebut dilakukan melalui program 3E (Engineering, Education dan Enforcement),” jelasnya. 

#GOOGLE_ADS#

Selain itu, keselamatan dan keamanan di jalan tol ASTRA Infra juga ditunjang dengan optimalisasi layanan operasional maupun infrastruktur di setiap ruas tol. 

 

ASTRA Infra memastikan setiap ruas jalan tol yang dikelola, dalam kondisi baik dan bebas dari perambuan maupun pekerjaan peningkatan jalan. 

 

Sebanyak total 197 unit Warning Light dan 400 unit Closed-Circuit Television (CCTV) di jalan tol ASTRA Infra pun terdata berfungsi dengan baik. 

 

Sedangkan untuk layanan Kesiapsiagaan dan Tanggap Darurat, telah disiapkan total 27 armada patroli jalan raya, 43 armada derek, 27 unit Polisi Jalan Raya, 9 unit rescue dan 18 kendaraan ambulans. 

 

ASTRA Infra bersama dengan kepolisian daerah setempat, telah menyiapkan manajemen lalu lintas untuk keadaan situasional. 

 

Bagi pengguna jalan tol yang memerlukan informasi maupun bantuan saat di jalan tol, ASTRA Infra juga memastikan bahwa petugas call center selalu siaga 24 jam. 

 

Untuk pengguna jalan tol yang merasa lelah dan memerlukan istirahat, ASTRA Infra telah menyediakan 11 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) tipe A dan 12 tipe B dengan berbagai fasilitasnya. 

 

Krist Ade Sudiyono menambahkan Resta Pendopo KM 456 Tol Semarang-Solo yang baru dioperasikan tahun ini merupakan smart destination dengan sky bridge pertama di jalan tol yang ada di Indonesia. 

 

“Resta Pendopo KM 456 juga telah mendapatkan penghargaan dari Kementerian PUPRS sebagai Rest Area Terbaik Tipe B tahun 2020,” paparnya.