TangerangNews.com

13 Kampung Sejahtera Mandiri se-Kota Tangerang Diluncurkan

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 10 Desember 2020 | 16:34 | Dibaca : 977


Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah saat memetik di Kampung Anggur RW 03, Kelurahan Uwung Jaya, Cibodas (10/12/2020). (TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)


 

TANGERANGNEWS.com—Pemerintah Kota Tangerang meresmikan program Kampung Sejahtera Mandiri (KSM) yang dibentuk di 13 kampung tematik dari 13 kecamatan se-Kota Tangerang.

 

KSM merupakan program lanjutan dari program Kampung Kita, yang sebelumnya digagas Pemkot Tangerang sebagai upaya untuk mendorong munculnya kemandirian masyarakat untuk bergerak bersama di dalam suatu RW dalam memenuhi kebutuhannya, baik dalam sektor ekonomi maupun sosial.

 

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah yang secara langsung hadir dalam acara peresmian tersebut menuturkan, KSM mengintegrasikan program-program yang diusung oleh berbagai OPD Pemkot Tangerang yang sebelumnya tergabung dalam program Kampung Kita.

 

"KSM jadi level paling tinggi dalam program penataan wilayah ke arah yang jauh lebih baik," ungkap Arief dalam launching KSM yang berlangsung di Kampung Anggur RW 03, Kelurahan Uwung Jaya, Cibodas (10/12/2020) .

 

Arief menjabarkan, nantinya program KSM dapat direplikasi pada 1.014 RW yang ada di Kota Tangerang dengan harapan masalah ekonomi dan sosial di setiap RW dapat terselesaikan dengan kemandirian masyarakat.

#GOOGLE_ADS#

Contohnya di KSM Anggur yang warganya sudah bisa melakukan budidaya ikan dan lebah yang menghasilkan produk unggulan

 

"Ada budidaya ikan, produksi madu dan buah anggur yang bisa dijual. Hasilnya bisa untuk mencukupi kebutuhan ekonomi masyarakat di Kampung Anggur," imbuhnya.

 

Dirjen Pemberdayaan Sosial Kementerian Sosial RI Edi Suharto yang turut hadir dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi upaya Pemkot Tangerang dalam membentuk kemandirian masyarakat melalui program Kampung Sejahtera Mandiri yang mulai bergulir sejak tahun 2018.

 

"Program ini sejalan dengan program nasional khuhsunya di bidang pembangunan manusia dan kebudayaan," pungkas Edi.