TangerangNews.com

DPRD Minta RSUD Kota Tangerang Segera Beroperasi Penuh

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 11 Desember 2020 | 15:14 | Dibaca : 972


Gedung RSUD Kota Tangerang. (@TangerangNews2020 / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com—Dalam upaya peningkatan pelayanan dalam bidang kesehatan, keberadaan RSUD Kota Tangerang dinilai sudah saatnya dioperasikan dalam kapasitas penuh atau full capacity, Jumat (11/12/2020). 

Hal itu diungkapkan juru bicara Pansus I DPRD Kota Tangerang Amarno. Menurutnya, rasio jumlah penduduk Kota Tangerang dengan tempat tidur rumah sakit, yakni 3.000 dari 32 rumah sakit. Hal ini dianggap masih jauh dari ideal. 

"Akibatnya masyarakat kesulitan mengakses pelayanan kesehatan gratis. Belum lagi sistem rujukan yang tak optimal sehingga mengakibatkan pasien maupun keluarganya ke sana kemari mencari tempat tidur kosong," jelasnya. 

Sedangkan untuk saat ini baru 150 tempat tidur yang dioperasikan oleh RSUD. "Harus dioperasikan 300 tempat tidur," jelasnya. 

DPRD Kota Tangerang.

#GOOGLE_ADS#

Selain itu, agar pengelolaannya lebih efeketif, maka dinilai perlu mengubah jabatan fungsional menjadi struktural. Ini juga sebagai upaya memperjelas dan mempertegas pendelegasian wewenang dan tanggungjawab.

"Selain itu melengkapi sarana dan sarana RSUD seperti penambahan alat ICU maupun NICU dan lain sebagainya," katanya.

Selain itu, yang paling penting adalah Pemkot Tangerang harus segera merancang pembangunan RSUD tipe D di setiap kecamatan.

"Ini rasanya menjadi keniscayaan mengingat tidak berlakunya lagi Puskesmas menjadi rawat inap," pungkasnya. (RAZ/RAC)