TangerangNews.com

Rayakan HUT ke-28 Kota Tangerang, Disperindagkopukm Gelar Lomba Pasar Bersih

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 4 Februari 2021 | 10:13 | Dibaca : 702


Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkopukm Kota Tangerang Eni Nuraeni bersama tim penilai mengecek kebersihan di Pasar Ramadhani, Karawaci, Kota Tangerang, Kamis (4/2/2021). (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )


TANGERANGNEWS.com—Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan UKM (Disperindagkopukm) menggelar perlombaan pasar bersih dalam rangka merayakan hari ulang tahun (HUT) ke-28 Kota Tangerang. 

Kepala Disperindagkopukm Kota Tangerang Teddy Bayu Putra mengatakan lomba pasar bersih ini digelar untuk mengapresiasi pedagang maupun pengelola pasar yang telah berhasil mengelola pasar dengan baik. 

"Lomba diawali dengan seleksi dari 39 pasar yang ada di Kota Tangerang," ujarnya kepada TangerangNews, Kamis (4/2/2021).

Pasar yang bersih dinilai dapat memberikan kenyamanan bagi warga maupun pedagang yang beraktivitas di setiap pasar.

Menurutnya, penyelenggaraan lomba pasar bersih ini juga selaras dengan program kota sehat. 

"Nanti pasar bersih yang menang akan diikutsertakan dalam perlombaan tingkat nasional," katanya. 

Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkopukm Kota Tangerang Eni Nuraeni menambahkan penentuan pasar terbaik dimulai dengan seleksi dari 39 pasar untuk dipilih menjadi 10 besar. Seleksi dilaksanakan tanggal 1-3 Februari 2021. 

Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkopukm Kota Tangerang Eni Nuraeni bersama tim penilai mengecek kebersihan di Pasar Ramadhani, Karawaci, Kota Tangerang, Kamis (4/2/2021).

"Hari ini alhamdulillah partisipasi dari seluruh pasar cukup merespon dan terlihat ada kesiapan. Memang bukan hanya kesiapan, itu sudah menjadi protokol dari pasarnya juga selalu melakukan tahapan-tahapan, agar pasar bisa menjadi bersih misalnya setelah pasar tutup mereka langsung membersihkan kotoran-kotoran yang ada di pasar," ungkapnya.

Lalu, 10 pasar yang paling unggul, akan mendapat kunjungan sosialisasi pasar bersih dan sehat dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia pada 9 Februari 2021. 

Dalam perlombaan ini, terdapat sejumlah indikator yang dinilai dengan mengutamakan kebersihan pasar. 

"Jadi, di pasar tersebut apakah ada tempat penyimpanan sampah sementara, lalu drainasenya bagaimana. Selain itu juga pengelolanya ada atau tidak, kebersihan kamar mandinya, kondisi pemotongan unggas serta penerapan protokol kesehatannya," jelasnya. 

Kepala Bidang Perdagangan Disperindagkopukm Kota Tangerang Eni Nuraeni bersama tim penilai mengecek kebersihan di Pasar Ramadhani, Karawaci, Kota Tangerang, Kamis (4/2/2021).

#GOOGLE_ADS#

Selanjutnya, dewan juri akan mengunjungi 10 pasar tersebut selama tiga hari, yakni tanggal 15, 17 dan 19 Februari 2021.

Penilaian dilakukan oleh dewan juri yakni perwakilan dari FKTS, Dewan, Akademisi, dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang. Para juri akan menentukan tiga juara utama dan tiga juara harapan. 

"Untuk pemenang kita berharap akan bisa menjadi pasar sehat atau pasar yang berstandar nasional yang nantinya akan menjadi percontohan pasar di Kota Tangerang," ucapnya. 

Penentuan pemenang bakal dilakukan pada 22 Februari 2021. Hadiah akan diserahkan kepada para jawara bertepatan dengan hari lahir Kota Tangerang, yakni 28 Februari 2021. 

"Jadi, pasar yang menang akan diberikan plakat, lalu ada uang pembinaannya," tuturnya. 

Kepala Pasar Bandeng Sanusi menambahkan, pasar yang berada di Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang ini juga turut mengikuti seleksi perlombaan pasar bersih. 

"Kebersihan memang menjadi rutinitas setiap hari bagi kami. Dan saat mengikuti perlombaan, kami lebih gencarkan lagi," katanya. 

Sanusi menuturkan sampah-sampah di pasar yang dikelola PD. Pasar ini selalu diangkut petugas setiap hari. Menurutnya, para pedagang pun diajak untuk ikut serta dalam menjaga kebersihan. 

"Tempat pembuangan sampah juga dikelola setiap hari. Jadi, di sini kebersihannya tertata rapi," katanya seraya menambahkan protokol kesehatan COVID-19 diterapkan secara ketat. (RAZ/RAC)