TangerangNews.com

LPP Peringati Hari Perempuan Internasional dengan Segudang Kegiatan

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 5 Maret 2021 | 19:31 | Dibaca : 453


Hasil karya keterampilan narapidana penghuni di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas 2A Tangerang. (TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)


 

TANGERANGNEWS.com-Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas 2A Tangerang terus meningkatkan keterampilan para penghuninya.

 

Hal itu dibuktikan dengan diadakannya  beberapa pelatihan seperti menjahit, barista, penatu (laundry) dan pembuatan kue. 

 

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian program kerja LPP Kelas 2A Tangerang sekaligus memperingati hari Perempuan Internasional. 

Acara tersebut dibuka langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Provinsi Banten Muji Raharjo dengan menggandeng beberapa pengajar dari Yayasan Second Chance, Hanya Kopi Pamulang, Arieftng Healthy Cooking Class, Asosiasi Laundry Indonesia dan High Apparel Indonesia pada Jumat (5/3/2021). 

 

Dalam sambutannya Muji mengapresiasi langkah jajarannya dalam memberikan pelatihan kepada narapidana.  Sehingga diharapkan ke depannya lapas mampu memproduksi barang ataupun jasa yang berpotensi meningkatkan pemasukan negara bukan pajak. 

 

"Kami berharap kedepannya dengan adanya pelatihan ini, dapat menjadi sumbangsi untuk negara terutama meningkatkan pemasukan negara non pajak," ujarnya. 

#GOOGLE_ADS#

Langkah tersebut langsung disambut oleh Kepala LPP kelas 2A Tangerang Esti Wahyuningsih dengan memberikan motivasi dan pelatihan kepada 80 narapidana wanita yang menekankan pentingnya isu kesetaraan gender. Bahwa wanita harus mandiri, kreatif dan inovatif. 

 

"Maret selalu indentik dengan Hari Perempuan Internasional, maka dari itu kami (wanita) dituntut harus lebih mandiri, kreatif dan inovatif.  Agar mampu menjawab tantangan zaman," ujar Esti. 

Tidak hanya itu, pihak lapas juga menjanjikan kepada narapidana yang mengikuti pelatihan, berkesempatan untuk mengikuti proses asimilasi dengan tujuan mengabdi kepada masyarakat. Hal tersebut dipertegas oleh Kepala seksi pelatihan LPP Kelas 2A Tangerang Indri Yudhit. 

 

"Mereka yang mengikuti pelatihan sangat besar peluangnya untuk mendapatkan proses asimilasi, tetapi melalui syarat yang telah ditentukan," tegas Indri. 

 

Selain mengadakan pelatihan, pihak lapas juga mengadakan rehabilitasi medis dan sosial bagi para narapidana yang tersandung kasus narkotika. 

 

"Saya berharap kerjasama antara pihak lapas dan BNN terus terjalin, terutama dalam hal pemberantasan narkoba dan rehabilitasi narapidana," ujar Kepala BNN Kota Tangerang AKBP Ichlas Gunawan.