TangerangNews.com

3 Perampok Bersenjata di Ciputat Masih Berkeliaran

Rachman Deniansyah | Jumat, 23 April 2021 | 16:00 | Dibaca : 532


Anggota Polsek Ciputat Timur menunjukan barang bukti yang digunakan pelaku dalam konferensi pers di Mapolsek Ciputat Timur, Tangsel, Jumat (23/4/2021). (@TangerangNews / Rachman Deniansyah)


TANGERANGNEWS.com-Tiga perampok bersenjata yang beraksi di Jalan Sukabakti 1, Serua Indah, Ciputat, Tangerang Selatan, 8 April 2021 lalu, hingga kini belum berhasil ditangkap. 

Saat ini, polisi baru hanya berhasil menangkap satu pelaku lainnya berinisial RR. Itupun, berkat aksi heroik warga, Mahligai Kencana beserta dua saudaranya yang nekat menggagalkan aksi perampokan tersebut. 

Bahkan, hingga terdapat dua orang warga terluka akibat berondongan tembakan yang dilepaskan pelaku secara membabi buta. 

Kapolsek Ciputat Timur Kompol Jun Nurhaida Tampubolon menuturkan, ketiga pelaku yang kini masih buron, masing-masing berinisial AN, AP dan RI.

"Dari tiga yang DPO ini, satu orang bawa Airsoft Gun yang dua lagi tidak. Jadi dari empat orang ini yang bawa senjata dua. Termasuk yang sudah tertangkap ini sama DPO berinisial AN," tutur Jun di Mapolsek Ciputat Timur, Tangsel, Jumat (23/4/2021). 

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukannya, Jun menyebut bahwa kedua pelaku yang membawa senjata itu, merupakan otak di balik aksi perampokan tersebut. 

Dalam pengungkapan ketiga pelaku yang masih buron itu, Jun mengaku mengalami kesulitan dalam proses pengejarannya. 

Hal demikian, kata Jun, karena minimnya petunjuk yang ia dapati. 

"Kesulitannya ya kita enggak (ada) petunjuk untuk Handphone-nya, enggak ada. Terus alamatnya juga kemarin ada di sini, kita ke sana, tapi mereka sudah enggak ada. Tetap nanti di upayakan," tuturnya. 

	Barang Bukti.

#GOOGLE_ADS#

Ia menduga bahwa ketiga pelaku yang merupakan kawanan rampok dari wilayah Sumatera itu, pulang ke kampung halamannya. 

"Diduga jaringan lampung.  Ya mungkin juga bisa (kabur ke arah Sumatera). Karena sudah dicari juga di sini, semua sampai saat ini masih dilakukan penyelidikan. Tentu akan kami cari di wilayah Ciputat dan akan koordinasi dengan wilayah lain," katanya. 

"Dia orang Palembang. Kemungkin semua komplotan Palembang. Pengakuan pelaku gitu," imbuhnya. 

Ia menambahkan, dalam meluncurkan aksi kejahatannya, keempat pelaku tersebut mengincar rumah kosong. 

Setidaknya, kata Jun, mereka telah melakukan aksinya sebanyak tiga kali di wilayah Ciputat. 

"Mereka sudah beraksi tiga kali berdasarkan pengakuan tersangka. Semuanya dilakukan siang hari. Tapi kalau untuk melakukan tiga kali ini selama di Ciputat dalam tiga minggu," tuturnya. 

Ia menegaskan akan terus berupaya melakukan pengejaran terhadap ketiga pelaku yang kini masih buron tersebut. 

mentara itu, untuk pelaku berinisial RR yang berhasil diamankan, kini dirinya diancam dengan hukuman selama sembilan tahun penjara.

"Ancaman hukumannya 9 tahun. Pasal 365 KUHP juncto Pasal 53 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan," pungkasnya. (RED/RAC)