TangerangNews.com

Dosen Unpam Bekali Siswa SMK Ilmu Perbankan Syariah

Tim TangerangNews.com | Kamis, 20 Mei 2021 | 10:47 | Dibaca : 780


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Dosen Universitas Pamulang. (@TangerangNews / Tsarina Zenabia)


TANGERANGNEWS.com-Para dosen civitas akademika Universitas Pamulang yang tergabung dalam Program Studi Akuntansi kembali melaksanakan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

PKM yang mengusung tema “Pengenalan Produk Perbankan Syariah Bagi Siswa Siswi SMK Al Amanah di Setu-Tangerang Selatan” ini berlangsung dari tanggal 9 - 11 April 2021.

Adapun kegiatan PKM kali ini menyasar para siswa SMK jurusan Akuntansi Perbankan. Hal ini menjadi penting untuk membekali para siswa dengan pengetahuan dan keterampilan perbankan syariah.

Kegiatan ini juga membantu mewujudkan visi misi sekolah dimana para siswa diharapkan memiliki pengetahuan yang mumpuni dan kompeten dengan jurusan perbankan. 

Meningkatkan keterampilan akuntansi para siswa yang kelak diharapkan dapat menjadi insan cendekia yang siap menuju jenjang pendidikan tinggi dan siap pakai di dunia kerja.

Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) secara virtual.

#GOOGLE_ADS#

Dalam kegiatan tersebut, para siswa SMK Al Amanah diberikan pengetahuan tambahan yang terkait dengan perbankan syariah seperti produk penghimpunan dana tabungan, giro dan deposito syariah, produk jasa bank syariah (kiriman uang, bank garansi, kliring, anjak piutang, dan gadai) dan jenis-jenis akad syariah. 

Untuk menambah ketrampilan atau soft skill, para siswa juga diajarkan perhitungan nisbah bagi hasil bank syariah serta jurnal pencatatan akuntansi atas transaksi pembiayaan dengan akad murabahah, pembiayaan ijarah dan pembiayaan musyarakah.

#GOOGLE_ADS#

Kegiatan PKM yang dilakukan oleh para dosen dari Universitas Pamulang ini merupakan bentuk peran serta dan tanggungjawab lembaga perguruan tinggi, dalam upaya merespon perkembangan industri keuangan syariah dengan mempersiapkan sumberdaya manusia (SDM) yang professional, unggul dan bermutu di bidang perbankan syariah.

Ketersediaan sumber daya manusia dibidang perbankan syariah yang unggul menjadi tanggung jawab seluruh masyarakat, terutama sekolah kejuruan dan perguruan tinggi.

Semoga kegiatan ini dapat terus terlaksana sehingga tercipta hubungan yang saling memperkuat antara pihak sekolah dan perguruan tinggi. (RAZ/RAC)