TangerangNews.com

Upayakan Cegah Banjir, Dinas PUPR Bangun Tanggul 500 Meter di Periuk Tangerang

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 22 Juni 2021 | 16:13 | Dibaca : 1683


Proses kegiatan pembangunan tanggul di sepanjang sisi timur Kali Ledug, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Selasa 22 Juni 2021. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )


TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) sedang membangun tanggul di sepanjang sisi timur Kali Ledug, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang. 

Pembangunan tanggul di sisi timur Kali Ledug ini melengkapi tanggul yang sudah ada pada sisi barat Kali Ledug. Sehingga diharapkan mampu mengurangi risiko banjir yang kerap melanda warga di kawasan Periuk, seperti Total dan Garden City. 

Kepala Bidang Tata Air Dinas PUPR Kota Tangerang Mursiman menjelaskan, tanggul yang dibangun pada sisi timur Kali Ledug ini panjangnya 500 meter dengan tinggi 4 meter. 

Proses kegiatan pembangunan tanggul di sepanjang sisi timur Kali Ledug, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Selasa 22 Juni 2021.

#GOOGLE_ADS#

"Pembangunan tanggul pada sisi timur Kali Ledug ini dimulai pada 3 Mei 2021 dengan target pengerjaan selesai pada 3 Oktober 2021," ujarnya kepada TangerangNews, Selasa 22 Juni 2021. 

Menurutnya, proyek tanggul yang dibangun sepanjang 500 meter ini juga melanjutkan proyek tanggul pada sisi serupa yang telah dibangun sepanjang 400 meter pada tahun 2019. 

"Jadi, jika rampung, pembangunan turap di Kali Ledug ini tuntas," jelasnya. 

Proses kegiatan pembangunan tanggul di sepanjang sisi timur Kali Ledug, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Selasa 22 Juni 2021.

#GOOGLE_ADS#

Mursiman menuturkan, tanggul yang dibangun di Kali Ledug ini mampu mengurangi risiko banjir. Terutama mencegah limpasan air ke lingkungan warga ketika tingginya debit air Kali Ledug dan Kali Cirarab. 

Adapun setelah pembangunan tanggul pada sisi timur Kali Ledug tuntas, kata Mursiman, pihaknya segera melengkapi fasilitas sejumlah pompa. 

"Insyallah tahun ini turapnya selesai, tinggal nanti ditambah pompa-pompa yang fungsinya untuk mengalirkan arus di lingkungan setempat ke Kali Ledug," pungkasnya. (RED/RAC)