TangerangNews.com

Turap di Mekar Baru Tangerang Dibangun Tuk Selamatkan Ratusan Hektare Sawah

Faisal Fazri | Rabu, 30 Juni 2021 | 22:10 | Dibaca : 3168


Pembangunan pelebaran turap dan normalisasi sungai sepanjang hampir 2,5 km di Kampung Cirako, Desa Cijeruk, Kecamatan Mekar Baru, Rabu 30 Juni 2021. (@TangerangNews / Faisal Fazri)


TANGERANGNEWS.com –Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, Kabupaten Tangerang lakukan pembangunan pelebaran turap dan normalisasi sungai sepanjang hampir 2,5 km di Kampung Cirako, Desa Cijeruk, Kecamatan Mekar Baru.

Kepala Bidang Sumber Daya Air pada Dinas Bina Marga Dan Sumber Daya Air, Dedi Sukardi menjelaskan, pembangunan tersebut merupakan wujud Pemerintah Daerah mendengar dan merealisasikan dalam bentuk pembangunan nyata, Rabu 30 Juni 2021.

“Pembangunan puluhan saluran irigasi bagi areal lahan teknis pertanian ini merupakan implementasi dari apa yang menjadi pemikiran pak Bupati dalam program pembangunan menyeluruh diberbagai bidang menuju Tangerang Gemilang,” ujarnya.

Ketua RT 11, Kampung Cirako, Desa Cijeruk, Mardias menuturkan, sejak dahulu masyarakat mengimpikan memiliki saluran sungai irigasi yang lebar dan kokoh.

#GOOGLE_ADS#

“Pada saat musim hujan, sawah kami menjadi lautan dan banyak tanaman padi warga yang gagal panen, sejak saya kecil. Baru ini ada pembangunan pelebaran sungai dan normalisasi aliran irigasi sawah kami,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Desa Cijeruk, Syamhadi mengatakan, dengan adanya pembangunan turap dan normalisasi sungai irigasi tersebut, areal persawahan warga yang seringkali terkena banjir besar saat musim hujan dapat terselamatkan.

“Awalnya hanya sungai kecil selebar 1 – 2 meter, sekarang sudah dilebarkan menjadi 4 meter berupa turap sepanjang kurang lebih 500 meter dan normalisasi sungai sepanjang 2 km" Jelasnya.

"Kini ratusan hektare areal sawah warga bisa terselamatkan, karena sebagian besar warga kami merupakan petani padi yang dalam setahun bisa melakukan dua kali waktu tanam,” pungkasnya. (RED/RAC)