TangerangNews.com

Berawal dari Hobi, Pemuda di Kronjo Ini Miliki Pendapatan Ratusan Juta Lewat Pet Shop

Faisal Fazri | Minggu, 11 Juli 2021 | 17:24 | Dibaca : 28914


Muhammad Kamal, 24, pemuda asal Desa Cayur, Kecamatan Kronjo owner dari pemilik Pet Shop, Kabupaten Tangerang, Minggu 11 Juli 2021. (@TangerangNews / Faisal Fazri)


TANGERANGNEWS.com-Siapa sangka, hobi memelihara binatang membuatnya kini menjadi seoarang pengusaha dengan pengasilan ratusan juta rupiah.

Muhammad Kamal, 24, pemuda asal Desa Cayur, Kecamatan Kronjo, Kabupaten Tangerang, kini telah sukses membangun usaha toko perlengkapan hewan peliharaan (pet shop) hingga memiliki tiga cabang.

Usahanya tersebut bermula dari kecintaannya terhadap binatang. Sejak duduk dibangku SMP, Kamal, sapaan akrabnya saat itu sudah mulai mengoleksi berbagai macam hewan peliharaan di rumahnya.

Ide usahanya muncul ketika kebutuhan hewan peliharaannya mulai tinggi dan mengaharuskannya  bolak balik untuk membeli keperluan tersebut.

#GOOGLE_ADS#

Maka ia memutuskan untuk membuka pet shop sendiri di rumah. Didukung teman - teman sesama pecinta hewan peliharaan, maka lahirlah Kamaru Pet Shop.

"Waktu itu saya masih kuliah semester 4, kebetulan juga teman - teman saya sesama pecinta kucing sangat mendukung untuk saya membuka pet shop ini. Berbekal ilmu yang saya punya dan relasi, akhirnya saya memutuskan untuk membuka usaha ini," ungkapnya, Minggu 11 Juli 2021.

Tidak hanya menjual berbagai macam keperluan hewan peliharaan, tetapi Kamal pun mulai membuka jasa memandikan dan mempercantik hewan (grooming) terutama untuk kucing, dari rumah ke rumah.

Muhammad Kamal, 24, pemuda asal Desa Cayur, Kecamatan Kronjo owner dari pemilik Pet Shop, Kabupaten Tangerang, Minggu 11 Juli 2021.

#GOOGLE_ADS#

Usaha yang kini berusia 6 tahun itu tentu tidak berjalan mulus - mulus saja. Kamal pernah gagal saat ingin membuka cabang keduanya di Kota Serang, aka tetapi dari situlah ia belajar dan mendapat pengalaman yang berharga.

“Namanya orang usaha tentu pasti akan mengalami yang namanya jatuh bangun. Mulai dari gagal, ditipu suplier dan ditipu karyawan sendiri sudah saya alami. Tapi itu semua saya jadikan pelajaran dan semangat buat lebih memajukan usaha saya," ungkap Kamal.

#GOOGLE_ADS#

Berkat kerja keras, konsistensi dan kegigihannya, usahanya pun berkembang dengan pesat dalam waktu 6 tahun. Ia saat ini sudah memiliki tiga cabang outlet dan dua cabang lagi yang sedang dalam poses.

"Alhamdulillah, saat ini saya memliki tiga outlet yaitu di Kronjo, Balaraja dan Mandiri. Yang akan datang yaitu cabang Cisoka dan Survana Sutera," pungkasnya.

Adapun omset dari ketiga outletnya ini bisa mencapai kurang lebih seratus jutaan. “Tapi itu masih laba kotor," katanya.

Kamal mengatakan, untuk memulai usaha dibutuhkan kemauan, kerja keras dan konsistensi. "Tipsnya, jika kita sudah punya niat mau usaha, mulai saja dulu. Jika hanya keinginan saja itu tidak akan terwujud. Jadi mulai saja dahulu konsisten yang penting," tutupnya.