TangerangNews.com

7 Langkah Dasar Membangun Usaha Bagi Pemula 

Tim TangerangNews.com | Senin, 6 September 2021 | 10:52 | Dibaca : 888


Tangkapan layar Coach Hendra Hilman saat menjelaskan tatacara peluang bisnis di chanel youtube pribadinya. (@TangerangNews / Coach Hendra Hilman/Youtube)


TANGERANGNEWS.com-Banyak orang bantir setir dari karyawan menjadi wirausaha. Mereka berpikir dengan usaha sendiri, hidupnya lebih enak seperti tidak terikat waktu, punya penghasilan sendiri, bahkan keuntungan yang berlipat.

Tapi kenyataannya tidak demikian. Memulai usaha sendiri tak seindah yang dibayangkan. Banyak yang baru mulai usaha tapi sudah tumbang di tengah jalan, karena mereka tidak memiliki perencanaan yang matang dalam memulai usaha.

Konsultan Bisnis Coach Hendra Hilman menyampaikan tujuh langkah tahapan untuk memulai usaha bagi pemula yang dilansir melalui channel Youtube-nya, Senin 6 September 2021.

1. Bangun Visi Misi

Menurut Hendra, bangun terlebih dahulu visi bisnis anda. Visi ini diibaratkan akar atau fondasi. Kalau fondasinya kuat, pohon sebesar apapun pasti kuat. Kalau tidak kuat, tentunya bisa goyang.

#GOOGLE_ADS#

2. Money Management

Seorang wirausaha minimal harus punya target untuk mencapai hasilnya, berapa banyak dari bisnis yang dijualnya. Contohnya, jika mau menjual barang di toko online, perlu tahu kira-kira berapa besar omset yang akan didapat. Prediksikan berapa omset di dalam pekerjaan atau produk yang dijual tersebut, lalu pikirkan bagaimana strategi mencapainya.

3. Kualitas

Apapun bisnisnya, harus benar-benar memperhatikan kualitas. Kualitas adalah sesuatu yang lebih bermanfaat bagi konsumen dan kualitas harus konsisten. Artinya jangan sampai mengecewakan.

‘’Kualitas juga harus disesuaikan dengan harga barang, jangan sampai andai memberikan harga tinggi tapi kualitasnya dibawah standar,’’ kata Hendra.

4. Service

Memberikan servis dengan membantu orang menemukan produk yang dia butuhkan. Bagaimana bisa memberikan pelayanan kepada mereka yang membutuhkan. 

‘’Seorang profesional sales bukan mereka orang yang banyak bicara tapi yang banyak bertanya dan menggali kebutuhan orang tersebut. Akhirnya orang mendapatkan apa yang dibutuhkan,’’ kata Hendra.

#GOOGLE_ADS#

5. Marketing.

Marketing itu memberikan orang lain informasi mengenai solusi. Penting untuk memberikan informasi yang benar. “Kalau mereka senang dengan informasi atau solusi, maka bisnis anda akan semakin berbuah,’’  kata Hendra.

6. Branding.

Adalah tentang bagaimana konsumen berbicara tentang bisnis anda. Kalau bisnis anda keren dan bagus, orang akan tertarik kepada barang anda. Tetapi kalau bisnis anda servicenya jelek, tidak ramah sikap karyawannya, orang akan memilih ke tempat lain.

Jadi branding itu adalah bukan anda yang berbicara tentang produk anda, tetapi konsumen yang berbicara tentang produk anda. Branding itu bukan bentukan sesuatu yang semalam, tapi dibentuk dengan proses pelayanan kepada mereka.

‘’Jadi jaman sekarang anda harus berbisnis dengan hati atau pelayanan yang terbaik, kalau anda tidak berbisnis dengan hati, kostumer juga akan merasakan itu dan mereka tidak merasakan ketulusan sehingga pindah ke yang lain,’’ kata Hendra.

#GOOGLE_ADS#

7. Sistem.

Ada bagusnya kalau dalam bisnis dibuat sistem yang rapih sesuai SOP, sehingga ketika ditinggalkan sistemnya berjalan sendiri dan tidak mengandalkan orang-orang yang ada.

Sistem diperlukan karena setiap karyawan tertentu yang ditempatkan dalam perusahaan tidak bisa dijamin 100 persen akan tetap tinggal dan loyal. Disarankan dalam bisnis jangan terlalu mengandalkan orang, tapi mengandalkan sistem.

‘’Pastinya sistem tidak segampang yang saya bicarakan, tetapi saya sudah berhasil menjalankan sistem proses perjalan bisnis saya, sehingga bisnis saya bisa tinggal dan saya bisa meluangkan waktu untuk bisa berbagi kepada pengusaha lainya,’’ kata Hendra. (RED/RAC)