TangerangNews.com

Dapat Sembako, Ratusan Pemulung di TPA Rawa Kucing Tangerang Divaksin Covid-19

Achmad Irfan Fauzi | Selasa, 28 September 2021 | 14:32 | Dibaca : 488


Kegiatan vaksinansi guna mencegah penyebaran Covid-19 yang dihadiri langsung oleh Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawakucing, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Selasa 28 September 2021 siang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )


TANGERANGNEWS.com-Ratusan pemulung sampah dan pekerja di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawakucing, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang mengikuti vaksinasi, Selasa 28 September 2021 siang. 

Terdata, sebanyak 645 pemulung yang biasa bekerja di TPA Rawa Kucing disuntikan vaksinasi Covid-19 jenis Pfizer. 

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah menjelaskan, vaksinasi dilaksanakan untuk membentuk kekebalan tubuh terhadap Covid-19 kepada para pemulung. 

"Vaksinasi buat masyarakat khususnya, masyarakat yang memang aktivitas di sekitar TPA Rawakucing," jelas Arief di lokasi. 

Kegiatan vaksinansi guna mencegah penyebaran Covid-19 yang dihadiri langsung oleh Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawakucing, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Selasa 28 September 2021 siang.

#GOOGLE_ADS#

"Kurang lebih pesertanya ada 645 didukung oleh Dinkes dan Puskesmas, alhamdulillah kita lihat lancar," imbuhnya.

Pasalnya, Dinkes Kota Tangerang mengalami hambatan dan kendala di lapangan untuk melakukan vaksinasi kepada para pemulung. 

Sebab, mereka yang awalnya memang tidak biasa untuk vaksin dan tidak terbiasa dengan jarum suntik. 

	Kegiatan vaksinansi guna mencegah penyebaran Covid-19 yang dihadiri langsung oleh Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Rawakucing, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Selasa 28 September 2021 siang.

#GOOGLE_ADS#

"Kebanyakan masyarakat khawatir takut divaksin, ada yang bilang jarumnya besar dan lain sebagainnya. Jadi ternyata yang sudah divaksin, aman-aman saja," kata Arief. 

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang Tihar menambahkan, pihaknya menargetkan 645 pemulung sebagai penerima vaksin Covid-19 merek Pfizer tersebut. 

"Untuk kegiatan hari ini adalah vaksinasi pada saudara-saudara kita, pemulung yang ada di TPA Rawa Kucing," ujar Tihar. 

Animo dari para pemulung untuk menerima vaksinasi Covid-19 tergolong tinggi. Usai divaksin, pihak DLH juga memberikan sembako kepada ratusan pemulung tersebut. 

Dia melanjutkan, penyuntikan vaksin dosis kedua untuk 645 pemuling itu akan dilaksanakan pada 14 hari lagi. 

"Pelaksanaan vaksin keduanya di dua minggu yang akan datang, nanti kita akan agendakan kembali. Bisa di sini atau di puskesmas setempat," urainya. 

Dengan adanya vaksinasi itu, lanjut dia, maka kekebalan komunal (herd immunity) dapat segera terbentuk di Kota Tangerang. 

Tihar menambahkan, selama pandemi ini, belum ada pemulung yang sempat terpapar Covid-19. 

"Enggak ada kasus Covid-19 di pemulung, alhamdulillah, mereka kuat. Mudah-mudahan mereka sehat," pungkasnya.