TangerangNews.com

Jokowi Resmi Buka PON Papua, Jumlah Atlet dalam Defile Kontingen Dibatasi

Tim TangerangNews.com | Sabtu, 2 Oktober 2021 | 20:07 | Dibaca : 259


Parade atlet meriahkan upacara pembukaan PON XX Papua 2021. (@TangerangNews / PB PON XX Papua 2021)


TANGERANGNEWS.com-Presiden Joko Widodo(Jokowi) resmi membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua dengan mengungkapkan kebanggaannya kepada Papua.

"Perasaan saya dan perasasan saudara-saudara pasti sama, kita bangga berada di tanah Papua dan kita bangga berada di stadion terbaik di Asia Pasifik ini. Kita bangga membuka PON Keduapuluh, PON yang pertama kali diselenggarakan di tanah Papua," kata Presiden Jokowi di Stadion Lukas Enembe, Jayapura, Sabtu 2 Oktober 2021 malam, dilansir dari Antara.

Jokowi yang mengenakan jaket PON Papua menyapa penonton di stadion dalam bahasa setempat "Huwe foi (selamat malam), onomi rehmay, wa wa wa, salam olahraga".

Salam ini disambut teriakan penonton yang memenuhi 25 persen dari total kapasitas 40 ribu kursi penonton.

"Pekan olahraga ini menggambarkan kemajuan Papua, menunjukkan kesiapan infrastruktur di tanah Papua dan kesiapan masyarakat Papua dalam menyelenggarakan acara besar untuk berprestasi di kancah nasional dan internasional," sambung Jokowi.

#GOOGLE_ADS#

Pada upacara pembukaan PON ini, jumlah atlet dalam setiap defile kontingen dibatasi dalam upaya menerapkan protokol kesehatan Covid-19.

Parade atlet dan defile kontingen yang biasanya berlangsung meriah diikuti hampir seluruh atlet kini dibatasi maksimal diikuti hanya sekira 20 orang. Seluruh peserta juga diwajibkan mengenakan masker selama upacara berlangsung.

Urutan iring-iringan kontingen 34 provinsi di PON Papua dilakukan berdasarkan abjad romawi, dimulai dari Aceh, Banten, Bengkulu, DI Yogyakarta, DKI Jakarta, dan seterusnya.

Sementara itu, kontingen tuan rumah Papua muncul di paling akhir parade selaku tuan rumah multicabang nasional empat tahunan tersebut.