TangerangNews.com

Lippo Dorong Kepemilikan Rumah di Segmen Milenial Melalui Riset PasarĀ 

Tim TangerangNews.com | Kamis, 21 Oktober 2021 | 17:14 | Dibaca : 595


CEO LPKR John Riady. (@TangerangNews / Dok. Nikkei)


TANGERANGNEWS.com-PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) mendorong kepemilikan rumah di segmen kalangan milenial dengan secara berkesinambungan melakukan riset pasar agar hunian itu cocok dengan permintaan kalangan muda.

"Mereka adalah gadget generation yang sangat lekat dengan media sosial yang tidak mengenal batasan ruang dan waktu sehingga kami pun harus melakukan strategi komunikasi khas milenial sehingga terpateri dalam pikiran mereka," kata CEO LPKR John Riady dalam keterangan tertulis, Kamis 21 Oktober 2021.

John mencontohkan, sejumlah tagline untuk mendorong milenial membeli rumah di Karawaci seperti "Masih muda sudah punya rumah" atau "Baru kerja sudah bisa cicil properti", serta "Mau nikah beli dulu rumah Cendana Homes".

Tak hanya itu, regulasi pemerintah juga turut membantu milenial membeli rumah terbukti dengan meningkatnya permintaan pasar dari segmen first time home buyer. 

"Dalam rentang waktu tahun 2020 hingga sekarang kami telah berhasil menjual lebih dari 4.000 unit landed house dengan rata-rata kenaikan price value 10-20 persen," ujar John.

John juga menyampaikan perseroan memilih untuk tidak menyerah terhadap kondisi pandemi dengan tetap konsisten mengadakan peluncuran produk rumah tapak yang membuat kinerja pra-penjualannya tumbuh signifikan. 

#GOOGLE_ADS#

Penjualan Cendana Homes Series di Lippo Karawaci yang hingga saat ini menjadi produk unggulan, awalnya dimulai sejak pandemi Covid-19 mulai melanda Indonesia di akhir kuartal 1/2020. 

John mengemukakan bahwa sejak semula LPKR fokus kepada segmen market milenial. "Target market kami adalah kaum milenial yang smart dalam melakukan perhitungan investasi dan pembelian aset," tutur John.

Performa LPKR di Kuartal III/2021 terus menunjukkan kinerja positif. Di bulan Agustus 2021 berhasil membukukan pra-penjualan sebesar Rp3,1 triliun. Pada bulan September 2021 dari penjualan Cendana Parc North menghasilkan nilai penjualan Rp678 miliar. 

Lippo Cikarang juga melaporkan penjualan naik 18% year to date menjadi Rp316 miliar melalui penjualan produk properti komersial, apartemen dan tanah industri sebagai pusat distribusi, pusat logistik, dan investasi lain. 

#GOOGLE_ADS#

Lini bisnis LPKR yaitu San Diego Hills Memorial Park melaporkan penjualan sebesar Rp130 miliar yang merupakan peningkatan 97% YoY dari Rp66 miliar di Kuartal III/2020. Sejumlah capaian ini menunjukkan optimisme LPKR akan dapat meraih target Rp4,2 triliun hingga akhir tahun 2021.

Terkait capaian kinerja positif Lippo Karawaci dan Lippo Cikarang, Country Manager Rumah.com Marine Novita menilai hal itu dipengaruhi optimisme pasar terus meningkat seiring dengan membaiknya penanganan pandemi Covid-19 dan program vaksinasi yang semakin merata di berbagai daerah di Indonesia. 

Sektor properti mengalami peningkatan yang relatif lebih tinggi dibandingkan sektor lainnya.

Mengutip data Badan Pusat Statistik (BPS) periode Kuartal II/2021 mencatat pertumbuhan sektor properti mencapai 2,82%. Sektor ini berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional hingga 7,07%. Hal positif lainnya dari sektor properti, segmen rumah tapak (landed house) terus mencatatkan kenaikan value.

Kenaikan indeks harga ini sesuai dengan publikasi Rumah.com Indonesia Property Market Index Q3/2021. Indikasi ini menunjukan telah terjadi rebound atau peningkatan harga properti setelah sebelumnya mengalami penurunan dampak terganggunya aktivitas bisnis akibat pandemi Covid-19. Indeks harga properti mengalami kenaikan 2,24% dibandingkan kuartal sebelumnya atau 1,97% secara tahunan. 

"Peningkatan ini menjadi kabar gembira untuk sektor properti karena selama empat kuartal sebelumnya situasi pasar cenderung melambat. Rumah tapak juga menunjukkan tren peningkatan yang sangat baik khususnya untuk wilayah Bodetabek yang mencapai 6,2%, sementara di Jakarta 3,9%," terang Marine.