TangerangNews.com

Jokowi Ingin Santri Jadi Pengusaha & Buka Lapangan Kerja 

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 22 Oktober 2021 | 11:22 | Dibaca : 132


Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi). (@TangerangNews / Setneg.go.id)


TANGERANGNEWS.com-Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginginkan agar kalangan santri dan lulusan pondok pesantren dapat menggerakkan perekonomian yang inklusif dengan menjadi wirausaha atau pengusaha.

"Karena itu kita harus mendorong munculnya lebih banyak entrepreneur, wirausahawan dari kalangan santri dan lulusan pondok pesantren," kata Jokowi dalam acara Peringatan Hari Santri Nasional 2021 dan Peluncuran Logo Baru Masyarakat Ekonomi Syariah di Istana Negara Jakarta, seperti dilansir dari Merdeka, Jumat 22 Oktober 2021.

Menurut dia, saat ini menjadi santri seharusnya jangan berorientasi untuk cari kerja, melainkan mulai menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat.

#GOOGLE_ADS#

"Peran pendidikan di pesantren, madrasah maupun pendidikan tinggi agama Islam sangat strategis. Mencetak lulusan yang inovatif dan berkewirausahaan, mencetak lulusan yang mampu bersaing di pasar kerja, dan menjadi wirausahawan sosial yang sukses," jelas Jokowi.

Kendati begitu, Jokowi menyadari dukungan akses pembiayaan sangat penting untuk mendorong tumbuhnya wirausaha-wirausaha baru.

Untuk itu, pemerintah telah menyiapkan berbagai skema bantuan seperti program Mekar, Kredit Usaha Rakyat (KUR), dan Bank Wakaf Mikro bagi santri yang ingin berwirausaha.