TangerangNews.com

Catat, Job Fair Online Kabupaten Tangerang 9 November

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 5 November 2021 | 11:45 | Dibaca : 5459


Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kabupaten Tangerang Iis Kurniati. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)


TANGERANGNEWS.com-Demi tekan angka pengangguran, Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Tangerang mengadakan event Job Fair Online yang diselenggarakan 9 November 2021. Sekitar 25 perusahaan ikut bergabung dalam event tersebut. 

Peserta dapat mengikuti kegiatan tersebut melalui Youtube dengan syarat peserta diharuskan membuat akun SiapKerja terlebih dahulu, lalu mengunggah data diri yang disertai surat lamaran, CV dan lainnya.

"Nantinya peserta dapat menonton Youtube pada waktu yang ditentukan dan setelah itu peserta dapat mengirim lamaran melalui aplikasi ke perusahaan yang diminati," Kepala Bidang Penempatan dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kabupaten Tangerang Iis Kurniati, Jumat 5 November 2021.

Berdasarkan data hingga September 2021, angka pencari kerja yang tercatat Disnaker sekitar 32.212 orang. "Sedangkan, jumlah lowongan kerja sekitar 14.721 dan jumlah penempatan sekitar 12.929," jelas Iis.

#GOOGLE_ADS#

Untuk memudahkan pencari kerja, Disnaker membuat terobosan baru berupa layanan pembuatan AK-1. Selain itu, peningkatan keterampilan atau keahlian dilakukan melalui pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK).

“Kami memudahkan para pencari kerja dalam pembuatan AK-1 yang dapat dilakukan secara online, kartu tersebut nantinya dapat dicetak dari rumah masing-masing,” tutur Iis.

Selain layanan tersebut, Disnaker Kabupaten Tangerang juga mengadakan pelatihan oleh BLK untuk meningkatkan kompetensi para pencari kerja. 

"Program ini dibuat agar nantinya para pencari kerja lebih siap di dunia kerja ataupun dapat membuka usaha yang mereka kelola sendiri," jelasnya. 

Iis berharap program tersebut bermanfaat bagi para pencari kerja sehingga nantinya dapat menekan angka pengangguran di Kabupaten Tangerang.