TangerangNews.com

Menkes Ungkap Anak-Cucu Varian Covid-19 Delta Sudah Menyebar di Indonesia

Tim TangerangNews.com | Senin, 15 November 2021 | 19:19 | Dibaca : 35797


Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (@TangerangNews / Setkab)


TANGERANGNEWS.com–Pandemi Covid-19 masih terus menghantui Indonesia. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengungkapkan jenis sub varian dan sub-sub varian virus Covid-19 Delta yang dikenal sebagai anak-cucu virus Corona sudah berkembang dan menyebar di Tanah Air. 

Budi Gunadi dalam konferensi pers evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) secara virtual, Senin, 15 November 2021, mengatakan sub varian Covid-19, yaitu varian AY.23 dan AY.24 sudah banyak ditemukan di sejumlah wilayah di Indonesia. 

Menurut Budi Gunadi, kedua varian baru Covid-19 itu adalah anak dari mutasi Covid-19 berkode B.1.617.2. Ada juga sub varian lain, yaitu AY.4. “Varian ini juga sudah ditemukan di Indonesia. Bahkan varian AY.4 sudah bermutasi lagi menjadi AY.4.2. Virus sub varian itu yang saat ini tengah banyak menyerang di Inggris dan disebut varian Delta baru,” ujarnya.

#GOOGLE_ADS#

Budi Gunadi menyebut di Indonesia sendiri varian AY.4, AY.23, dan AY.24 sudah ada. “AY.4.2 belum ada. Semua varian Delta baik orang tuanya, sub variannya itu memiliki mutasi genetik yang mirip," tuturnya.

Ia melanjutkan, meski ancaman varian baru virus Corona merebak, masyarakat sudah mempunyai kemampuan kekebalan yang lebih besar yang terbentuk pasca-vaksinasi. 

"Kesimpulan kami sampai sekarang adalah kalau misalnya ada masuk anaknya atau cucunya, Insya Allah harusnya kekebalan yang sudah terbentuk di masyarakat kita masih cukup untuk menanggulangi penyebaran ini,"kata Budi Gunadi.