TangerangNews.com

Begini Kesiapan Bandara Soekaro-Hatta Sambut Delegasi G20

Rangga Agung Zuliansyah | Minggu, 5 Desember 2021 | 21:41 | Dibaca : 275


Suasana terminal Bandara Soekarno-Hatta yang di tempel sticker dinding Group of Twenty (G20). (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)


TANGERANGNEWS.com-Setelah Indonesia resmi memegang Presidensi Group of Twenty (G20), mulai 1 Desember 2021, PT Angkasa Pura II (Persero) sebagai pengelola Bandara Soekarno-Hatta telah siap menyambut para delegasi yang akan menghadiri rangkaian pertemuan di Jakarta dan Bali. 

Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan delegasi G20 dari berbagai negara akan mulai tiba pekan depan untuk menghadiri Pertemuan Sherpa Ke-1 Presidensi Indonesia G20 2022 di Jakarta pada 7-8 Desember. 

“Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) sebagai pintu masuk utama delegasi G20 menyiapkan airport handling dan hospitality dalam menyambut kedatangan delegasi. Sesuai arahan Presiden, kami akan menyambut para delegasi dengan penuh kegembiraan dan tangan terbuka,” katanya, Minggu 5 Desember 2021.

Bandara Soetta Hatta berharap dapat turut mendukung kesuksesan Presidensi G20 Indonesia 2022 yang mengambil tema Recover Together, Recover Stronger dengan menyiapkan sebaik-baiknya penanganan kedatangan para delegasi.

Para stakeholder seperti AP II, maskapai, ground handling, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Satgas Penanganan COVID-19 dan lainnya telah berkoordinasi guna memastikan kelancaran penanganan kedatangan delegasi G20 sesuai regulasi yang ada. 

#GOOGLE_ADS#

Bandara Soetta juga didukung Bank Indonesia menyediakan fasilitas hospitality lounge di Terminal 3 bagi para delegasi G20. “Untuk memberikan asistensi terkait penanganan kebandarudaraan bagi para delegasi, AP II juga telah membentuk tim pendamping bagi delegasi yang baru tiba,” ujar Agus Haryadi.

EGM of Airport Service Division AP II Anindita Galuh Wardhani mengatakan untuk alur kedatangan delegasi G20 di Bandara Soetta dengan memperhatikan regulasi yang ada.

Setelah mendarat, delegasi menuju hospitality lounge, lalu akan melakukan pemeriksaan suhu tubuh serta pemantauan kesehatan oleh personel KKP Kementerian Kesehatan.

Termasuk juga validasi dokumen kesehatan yakni surat vaksinasi, surat keterangan tes PCR dari negara asal, kepemilikan asuransi COVID-19, serta penggunaan aplikasi PeduliLindungi dan eHAC. “Para delegasi juga akan melakukan tes TCM/PCR di bandara,” ujar Anindita.

Di hospitality lounge nantinya para delegasi yang baru tiba juga akan mengisi formulir di sistem HORE untuk pendataan digital ketibaan para delegasi.

“Melalui sistem HORE yang terintegrasi Aplikasi PeduliLindungi, delegasi yang tiba diharapkan dapat merasakan pelayanan terintegrasi dengan memastikan penerapan protokol kesehatan dan kemudahan layanan di Bandara Soetta,” jelas Anindita.

Adapun aplikasi mobile travelin milik AP II yang bisa diunduh di iOS dan Android juga akan dioptimalkan untuk mengkampanyekan G20 serta mendukung para delegasi dalam melakukan perjalanan ke Indonesia. 

Chief Project Business Digital Airport AP II Wahyu Cahyadi menuturkan aplikasi travelin menyediakan informasi mengenai penyelenggaraan Pertemuan G20 di Indonesia dan travel advisory di tengah pandemi COVID-19. 

AP II berharap dengan kolaborasi bersama seluruh stakeholder dan kesiapan fasilitas, Bandara Soetta dapat menyambut kedatangan para delegasi G20 dengan baik dan turut mendukung kesuksesan Presidensi G20 Indonesia 2022.