TangerangNews.com

Menkeu Sebut Pandemi COVID-19 Ujian Berat Ibu Rumah Tangga

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 8 Desember 2021 | 22:14 | Dibaca : 111


Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati. (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menilai peranan ibu rumah tangga (IRT) penting dalam menjaga keuangan keluarga. Namun sejak adanya pandemi Covid-19, ia menilai hal itu menjadi ujian berat bagi IRT.

"Ini adalah ujian bersama yang akan diuji mental kita, emosi kita, psikologi kita, cara kita yang kemudian mempengaruhi sikap kita, bertindak, berucap, berinteraksi. Padahal pasangan ibu semua ini adalah pejabat di Kemenkeu yang harus bekerja tadi mengurus negara," kata dia seperti dilansir dari Sindonews, Rabu 8 Desember 2021.

Jika sebelumnya waktu untuk melaksanakan pekerjaan di luar rumah lebih banyak, maka menurut Sri Mulyani adanya pandemi menjadikan mayoritas waktu dihabiskan di rumah.

#GOOGLE_ADS#

"Dampaknya, peluang gesekan antara istri dengan suami menjadi lebih besar," jelasnya.

Menkeu menggambarkan kesehatan mental sebagai sesuatu yang mempengaruhi emosi, rasa, cara berpikir, cara bertindak, dan psikologis manusia.

Sebab itu, pihaknya berpesan agar seorang ibu rumah tangga menjadi oasis dalam keluarga. Serta bukan menambah potensi meningkatkan ancaman terhadap kesehatan mental.