TangerangNews.com

Tsunami 8 Meter Ancam Cilegon, Pemprov Banten Banten Siapkan Mitigasi Bencana

Rangga Agung Zuliansyah | Rabu, 16 Februari 2022 | 23:33 | Dibaca : 807


Gubernur Banten Wahidin Halim. (@TangerangNews / IG @pemprov.banten)


TANGERANGNEWS.com-BMKG memberi peringatan terkait ancaman gempa bumi kekuatan mencapai magnitudo 8,7 dan tsunami hingga 8 meter di kawasan Cilegon, Banten, yang bersumber di Zona Megathrust Selat Sunda.

Peringatan tersebut langsung direspon Gubernur Banten Wahidin Halim, Rabu 16 Febriari 2022. Ia berkoordinasi  dengan seluruh pemerintah Kabupaten/Kota se-Provinsi Banten, perusahaan-perusahaan di kawasan industri, pengelola pariwisata, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), dan juga masyarakat.

Melalui koordinasi tersebut, ia ingin ingin kebijakan seluruh Kabupaten/Kota di Banten terorganisir dengan baik, selaras dan tidak parsial dalam aksi mitigasi terhadap ancaman gempabumi dan tsunami.

“Untuk itu, kiranya hal ini dapat menjadi perhatian bersama," ujarnya seperti dilansir dari CNN Indonesia.

Adapun salah satu upaya mitigasi bencana itu, yakni menetapkan kebijakan yang mewajibkan setiap masyarakat maupun pengembang, untuk membangun dengan standar bangunan tahan gempa sebagai bagian dari pemberian IMB.

#GOOGLE_ADS#

Beberapa contoh rumah dengan standar bangunan tahan gempa yang telah teruji telah disiapkan oleh Pemerintah Provinsi untuk dijadikan rujukan.

"Segera berkoordinasi dengan Kementerian atau Dinas PUPR untuk melakukan asesmen terhadap seluruh bangunan vital dan rumah hunian, guna memastikan bangunan tersebut sudah sesuai dengan standar bangunan tahan gempa dan tsunami," kata Wahidin. 

Apabila belum, kata Wahidin, maka akan segera dilakukan langkah mitigasi penguatan atau relokasi.

Demikian juga, untuk zona-zona rawan gempa dan tsunami akan diperketat tata ruangnya. Pemprov juga akan menyiapkan shelter beserta sarana dan prasarana memadai, guna mengantisipasi jika sewaktu-waktu Banten ditimpa bencana gempabumi dan tsunami.

Sebelumnya, berdasarkan pemodelan yang dilakukan BMKG, jika terjadi gempa yang bersumber di Zona Megathrust Selat Sunda, maka terdapat potensi gempa dengan kekuatan mencapai magnitudo 8,7.

Diperkirakan kawasan Cilegon akan terdampak guncangan mencapai skala intensitas VI-VII MMI, yang dapat menimbulkan kerusakan ringan, sedang, hingga berat.

Sementara gempa bumi dengan magnitudo maksimum 8,7 tersebut, maka potensi tsunami tertinggi diperkirakan mencapai 8,28 m di sekitar kawasan Pelabuhan Merak (Kota Cilegon).