TangerangNews.com

Tingkatkan Kualitas SDM Masyarakat, Disnaker Luncurkan Tangerang Cakap Kerja

Achmad Irfan Fauzi | Rabu, 23 Februari 2022 | 11:59 | Dibaca : 596


Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kota Tangerang Mualim. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)


TANGERANGNEWS.com-Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang meluncurkan program Tangerang Cakap Kerja, sebagai upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) masyarakat terutama mereka yang belum mendapatkan pekerjaan.

"Programnya sudah diluncurkan hari ini dengan sasaran semua masyarakat pencari kerja di Kota Tangerang," ujar Mualim, Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kota Tangerang, Rabu 23 Februari 2022.

Mualim menjelaskan, Tangerang Cakap Kerja merupakan platform alternatif yang menawarkan solusi pengembangan karir dan SDM melalui berbagai pelatihan serta informasi lowongan kerja yang terintegrasi.

"Tujuannya memberikan bimbingan karir dan pelatihan profesional yang tepat kepada warga Kota Tangerang yang membutuhkan, sehingga diharapkan dapat meningkatkan kualitas SDM dan membantu mewujudkan Kota Tangerang yang Akhlakul Karimah, Berdaya Saing, dan Sejahtera," katanya.

Kehadiran Tangerang Cakap Kerja, kata Mualim, sangat bermanfaat bagi masyarakat, karena bisa mendapatkan informasi lowongan kerja yang sesuai dengan kualifikasi dan kompetensinya.

"Juga masyarakat bisa mengetahui berbagai jenis pelatihan yang dilaksanakan Pemkot Tangerang," ucapnya.

#GOOGLE_ADS#

Selain itu, Tangerang Cakap Berwirausaha yang merupakan bagian dari Tangerang Cakap Kerja juga dihadirkan yang berisi berbagai pelatihan gratis yang bisa diikuti masyarakat Kota Tangerang.

"Tangerang Cakap Berwirausaha memungkinkan pesertanya untuk mendapatkan akses lebih terhadap sumber-sumber permodalan, yang bisa digunakan untuk pengembangan usaha atau membangun usaha rintisan," imbuhnya.

Dengan mengikuti Tangerang Cakap Berwirausaha, masyarakat Kota Tangerang bisa mendapatkan materi pelatihan dari narasumber yang kompeten, mendapatkan materi pelatihan kewirausahaan sesuai minat, mendapatkan akses terhadap sumber-sumber permodalan seperti KUR, dan keikutsertaan ini tidak dipungut biaya.

"Pelatihan yang bisa diikuti seperti pelatihan barista, pembuatan makanan, packaging produk, sablon, montir sepeda, reparasi HP, digital marketing, dan konten kreator. Jadi, diharapkan masyarakat bisa memanfaatkan program ini," pungkasnya.