TangerangNews.com

Pemkot Tangerang Gelar Sosialisasi Publik Rencana Proyek PSELĀ 

Achmad Irfan Fauzi | Kamis, 24 Februari 2022 | 13:24 | Dibaca : 430


Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi )


TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang menggelar Sosialisasi Publik Rencana Proyek Pengolahan Sampah Menjadi Energi Listrik (PSEL) Berbasis Teknologi Ramah Lingkungan.

Kegiatan tersebut dihadiri perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, serta berbagai kementerian terkait, Provinsi Banten, Kepala OPD Kota Tangerang, Para Akademisi, Penggiat Lingkungan, hingga Tokoh Masyarakat Kota Tangerang secara daring, Kamis 24 Februari 2022.

Dalam pembukaannya, Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah yang didampingi Sekretaris Daerah Kota Tangerang Herman Suwarman menjelaskan implementasi PSEL di Kota Tangerang sebagai salah satu terobosan pengelolaan sampah perkotaan.

"Ini menjadi upaya untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan kualitas lingkungan di Kota Tangerang, mengurangi timbunan sampah di TPA Rawa Kucing, serta mendapatkan nilai tambah berupa energi listrik," tutur Arief.

Arief menerangkan proyek ini telah mendapat dukungan dari DPRD Kota Tangerang pada Januari 2022, dengan catatan mewajibkan Pemerintah Kota Tangerang melakukan sosialisasi publik kepada seluruh pemangku kepentingan.

#GOOGLE_ADS# 

"Acara ini dilaksanakan sebagai media interaksi antara pemerintah, masyarakat dan stakeholder untuk menjelaskan rencana proyek, memberikan informasi, mendapatkan saran dan masukan yang konstruktif bagi pelaksanaan proyek besar ini," terang Arief.

Ketua Dewan Pertimbangan Pengendalian Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Ketuhanan RI Sarwono Kusumaatmadja menuturkan, PSEL ini menjadi program strategis nasional untuk kota-kota besar berpenduduk padat, termasuk Kota Tangerang yang sudah memasuki jalur prioritas strategis nasional. 

"PSEL ini diharapkan menjadi pemecahan masalah secara nasional bahkan secara global," tegasnya.