TangerangNews.com

HPSN 2022, DLH Berhasil Kumpulkan 1.602 Kg Sedekah Sampah 

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 4 Maret 2022 | 21:37 | Dibaca : 172


Dinas Lingkungan Hidup (DLH) berhasil mengumpulkan 1.602,3 Kg sampah, dari program Sedekah Sampah para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Tangerang. (@TangerangNews / Rangga A Zuliansyah)


TANGERANGNEWS.com-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) berhasil mengumpulkan 1.602,3 Kg sampah, dari program Sedekah Sampah para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kota Tangerang, serta seluruh Bank Sampah di wilayah Kota Tangerang. 

Program Sedekah Sampah ini merupakan kegiatan untuk Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada 21 Februari 2022 lalu, juga meramaikan HUT Kota Tangerang ke-29.

Kabid Kebersihan dan Pengolahan Sampah DLH Kota Tangerang Yudi Pradana menuturkan selama ini, Sedekah Sampah yang dilakukan para ASN memang sudah berjalan, begitu juga dengan Bank Sampah. Namun, khusus HPSN gerakan ini dibuat lebih serentak, sebagai gerakan massal peduli sampah.

Hasil dari sedekah sampah berupa kardus, kertas-kertas hingga botol-botolan akan dijual ke pihak ketiga. Hasilnya, akan dimasukkan ke Baznas untuk disalurkan sebagai aksi sosial terkait dunia pendidikan atau mereka masyarakat yang membutuhkan. 

#GOOGLE_ADS#

“DLH berharap Sedekah Sampah bisa terus berjalan secara masif, tak hanya pada HPSN semata. Tapi menjadi gerakan yang rutin dan berkala, untuk kebersihan lingkungan dan aksi berbagi,” katanya, Jumat 4 Maret 2022.

Masyarakat yang ingin ikut Sedekah Sampah bisa menghubungi 0811-1631-631 atau 0857-1501-8087 untuk proses penjemputan sampah ke rumah.

Dengan kondisi TPA Rawa Kucing saat ini yang mengalami penurunan kapasitas setiap harinya, kesadaran publik dalam upaya pengurangan sampah harus memberikan kontribusi nyata dan memberikan pola baru pada pengelolaan sampah di Indonesia. 

“Yaitu dengan menjadikan aktivitas minim sampah sebagai bagian dari pola hidup bermasyarakat, dan menjadikan sebagian sampah sebagai bahan baku baru, untuk meningkatkan perekonomian,” imbaunya.