TangerangNews.com

Ketika Jokowi Marah karena Pemerintah Masih Doyan ImporĀ 

Tim TangerangNews.com | Jumat, 25 Maret 2022 | 22:12 | Dibaca : 335


Presiden Joko Widodo. (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com-Lagi dan lagi Presiden Joko Widodo meluapkan amarahnya karena masih banyak kementerian dan lembaga yang gemar belanja barang impor. 

Padahal total anggaran belanja barang dan jasa kementerian, lembaga BUMN dan pemerintah daerah cukup besar.

Hingga kedatangan rusia di forum G20 menuai pro dan kontra. Terutama posisi Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggara konferensi tingkat tinggi G20 di Bali.

#GOOGLE_ADS#

"Kementerian sama saja (banyak yang menggunakan produk impor), tapi itu bagian saya itu. Reshuffle, udah heeeh saya itu, kayak gini enggak bisa jalan," kata Jokowi geram.

Beberapa nama menteri disinggung langsung oleh Jokowi dalam acara tersebut. Mereka yakni Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Jokowi merasa geram karena instansi yang dipimpin ketiga menteri itu banyak menggunakan produk impor yang sebenarnya bisa diproduksi di dalam negeri. Misalnya, terkait bidang kesehatan, banyak alat kesehatan dan tempat tidur untuk rumah sakit yang masih impor. Padahal, produk ini banyak diproduksi di Yogyakarta, Bekasi, dan Tangerang. Jokowi juga menyinggung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).