TangerangNews.com

Selama Ramadan, Pemkab Tangerang Maksimalkan Penguatan Satgas RT/RW 

Tim TangerangNews.com | Sabtu, 2 April 2022 | 11:14 | Dibaca : 299


Tangkapan layar Bupati Tangerang Ahmad Zaki Iskandar. (@TangerangNews / Faisal Fazri)


TANGERANGNEWS.com–Untuk mengantisipasi penularan Covid-19 selama Ramadan 1443 Hijriah, Pemkab Tangerang, Banten menyiapkan sejumlah langkah dengan penguatan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 tingkat rukun tetangga dan rukun warga (RT/RW) di daerah itu.

Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar mengatakan, di wilayahnya ada Satgas Covid-19 di tingkat RT/RW. “Artinya kami masih akan mengupayakan satgas itu dalam mencegah penularan Covid-19 selama Ramadan nanti," ujar Zaki seusai rapat koordinasi dengan Forkopimda dalam pengamanan Ramadan 1443 Hijriah di Tangerang, Jumat 1 April 2022, seperti dikutip dari Antara.

Menurutnya, saat ini pihaknyaberkoordinasi dengan camat dan kades serta lurah di wilayah itu untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi penyebaran virus corona.

"Sejauh ini masyarakat juga sudah paham dalam menaati protokol kesehatan, hanya kami tetap mengimbau untuk disiplin menerapkan protokol kesehatan," tutur Zaki.

Saat ini Pemkab Tangerang telah menyiapkan beberapa pedoman terkait dengan aturan aktivitas masyarakat selama Ramadan hingga Idul Fitri mendatang agar terbebas dari penularan virus itu.

#GOOGLE_ADS#

Zaki mengungkapkan salah satunya larangan warga melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berpotensi menyebabkan kerumunan massa serta mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Kemudian, masalah keamanan dan ketertiban masyarakat selama Ramadan, baik dari Polri/TNI sudah membahas dan siap mengamankan," ujar Zaki.

Lebih jauh Zaki menyebutkan dalam pedoman kegiatan selama Ramadan itu, ada juga beberapa kegiatan yang longgarkan, seperti salat Tarawih dengan saf yang rapat dan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

“Kita silakan salat Tarawih, tapi kita lihat zonasi wilayah seperti di Kecamatan Kelapa Dua yang jumlah kasusnya tinggi. Jadi ada beberapa wilayah yang pelaksanaannya masih dilakukan dengan jarak," terang Zaki.

Selanjutnya Zaki mengajak masyarakat setempat tetap mematuhi protokol kesehatan saat Ramadan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. "Hanya kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan walaupun dalam pelaksanaan ibadah Ramadan nanti," ucapnya.