TangerangNews.com

Permintaan Vaksin Booster Melonjak di Kabupaten Tangerang, Antrean Capai 1.000 Orang

Rangga Agung Zuliansyah | Selasa, 5 April 2022 | 09:28 | Dibaca : 305


Ilustrasi vaksin. (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com-Pasca menjadi syarat mudik Lebaran Idul Fitri 2022, permintaan vaksinasi booster di Kabupaten Tangerang melonjak drastis. Bahkan antrean per harinya mencapai 1.000 orang.

Juru bicara Satgas COVID-19 Kabupaten Tangerang Hendra Tarmizi di Tangerang mengatakan, lonjakan permintaan vaksin dosis ketiga itu terjadi sebelum memasuki Bulan Suci Ramadan. Jumlahnya hingga dua kali lipat dibanding sebelumnya.

"Sejak ada pengumuman mudik Lebaran, peserta vaksin naik di beberapa puskesmas. Dan saya melihat ada 100 persen naiknya, jadi biasanya yang ngantri hanya 400 hingga 500 orang, sekarang bisa 1.000 orang," katanya seperti dilansir dari Antara, Selasa 5 April 2022.

Namun tingginya permintaan vaksin pada dosis ketiga ini, tidak akan membuat pasokan vaksin COVID-19 menjadi langka.

Sebab, Pemkab Tangerang akan terus melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi untuk menjaga ketersediaan stok vaksin tersebut.

#GOOGLE_ADS#

"Kita itu memang dapat alokasi dari provinsi, jadi begitu dapat kita bagikan, habis minta lagi, begitu aja. Jadi kita sebenarnya target tidak ada, kita hanya menghabiskan jatah dari provinsi," ujar Hendra.

Sesuai data yang tercatat oleh pihaknya, sudah lebih dari 320 ribu warga Kabupaten Tangerang yang telah menerima vaksin dosis lengkap atau penguat.

Dari jumlah tersebut, bisa bertambah jauh lebih banyak lagi seiring tingginya antusiasme masyarakat untuk melengkapi syarat mudik Lebaran yang diberlakukan pemerintah.

"Jadi kita itu dibantu sama Polri, Polri itu dapat vaksin dia melakukan booster juga, jadi kita ke bantu nilai kita dan naik karena Polri juga," ungkapnya.

Untuk mendapatkan layanan vaksinasi COVID-19 penguat, saat ini masyarakat bisa langsung datang ke fasilitas atau puskesmas kesehatan terdekat, baik yang ada di 29 puskesmas di Kabupaten Tangerang maupun di rumah sakit umum daerah (RSUD).

"Dalam menggenjot vaksin booster ini, pemerintah Kabupaten melakukan kolaborasi dengan TNI/Polri dan swasta. Nanti mereka akan menyiapkan fasilitasnya, baik di tempat umum maupun di tepat lainnya," kata dia.