TangerangNews.com

Inovasi Pemerintah Daerah Kota Tangerang Tahun 2021

Tim TangerangNews.com | Rabu, 13 April 2022 | 14:15 | Dibaca : 826


Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah bersama Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin. (@TangerangNews / Istimewa)


Inovasi daerah adalah semua bentuk pembaharuan dalam penyelenggaraan Pemerintaan Daerah yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan Pemerintahan Daerah. Oleh karena itu, sasaran Inovasi Daerah diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan publik, pemberdayaan dan peran serta masyarakat, dan peningkatan daya saing daerah.

Inovasi daerah yang telah diterapkan oleh Pemerintah Kota Tangerang pada tahun 2021 dan juga diikutsertakan dalam penilaian Innovative Government Award (IGA) yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri cukup banyak jumlahnya, namun inovasi Pemerintah Kota Tangerang yang diterapkan dalam rangka menyelesaikan permasalahan di masa pandemi Covid 19 adalah sebagai berikut :

AAPLIKASI AVATAR

Aplikasi avatar dengan domain https://vaksinasi.tangerangkota.go.id/ adalah aplikasi yang mendorong percepatan vaksinasi secara online.

Keunggulan:

· Memudahkan Pendaftaran Vaksinasi bagi masyarakat

· Memudahkan Tenaga Kesehatan dalam pelaksanaan Vaksinasi

· Akurasi Pendataan Vaksinasi berbasis NIK

· Tersedianya Databasase Vaksinasi untuk Kota Tangerang 

 

B. VIRTUAL JOB FAIR DAN JOB FAIR TINGKAT KELURAHAN

Aplikasi layanan pencari pekerjaan yang memfasilitasi pencari kerja dengan lowongan pekerjaan dari perusahaan di Kota Tangerang secara daring

 

C. TANGERANG BISA (BANTUAN INSENTIF START-UP ANDA)

Program Tangerang Bisa merupakan progam Pemerintah Kota Tangerang untuk membantu warga yang telah berwirausaha selama kurang dari 1 tahun dengan memberikan Hibah bantuan modal sebesar 760 ribu rupiah. Fasilitasi pendaftaran dilakukan secara online melalui Aplikasi SABAKOTA yang terintegrasi pada Tangerang LIVE. Selanjutnya verifikasi lapangan oleh petugas dengan menggunakan Aplikasi SiData (berbasis NIK dan Spacial)

 

D. TANGERANG EMAS (EKONOMI MASYARAKAT SEJAHTERA)

Inovasi untuk mendukung upaya pemulihan sektor UKM, kolaborasi antara Pemerintah Kota Tangerang bersama Bank BJB dalam memberikan stimulus permodalan usaha bagi UMKM terdampak berupa pinjaman tanpa bunga dan agunan melalui kelompok usaha UMKM

E. TANGERANG LIVE

Aplikasi TANGERANG LIVE merupakan single window pelayanan publik yang mengintegrasikan 49 Aplikasi pelayanan publik versi Android dalam 16 kategori layanan yang dapat diakses secara mobile oleh masyarakat. Penambahan fitur terbaru dalam versi 6.1.31 yaitu :

F. SOBAT DUKCAPIL

Sobat Dukcapil merupakan inovasi digita pada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil untuk memudahkan pelayanan administrasi Kependudukan dan Catatan Sipil di masa Pandemi Covid.

Keunggulan Sobat Dukcapil :

G. TANGERANG BELAJAR

Inovasi digital yang diinisasi oleh Dinas Pendidikan untuk meningkatkan kualitas pendidikan SD dan SMP pada masa pandemi melalui pembuatan video pembelajaran.

Keunggulan dari Inovasi Tangerang Belajar :

· Launching dengan 750 video pembelajaran dan meraih rekor MURI

· Kolaborasi 200 guru terbaik

· Menggunakan aplikasi Sparkol, Canva, Kine master, dll

· 86% guru mampu membuat video pembelajaran