TangerangNews.com

Intip Tips Berikut Sebelum Jual Rumah Second

Rangga Agung Zuliansyah | Jumat, 24 Juni 2022 | 23:21 | Dibaca : 1519


Ilustrasi rumah second. (@TangerangNews / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com-Persaingan dan harga yang lebih rendah dibandingkan primary property biasanya membuat properti second dapat menjadi pilihan yang baik untuk para investor maupun end user.

Properti second juga diminati karena memiliki banyak kelebihan seperti area atau kawasan yang sudah ramai serta siap huni. Tak hanya itu, properti second banyak diburu karena kerap dijual murah di bawah harga pasaran lantaran faktor kebutuhan.

Berly Angkoso, Account Agent Manager Pinhome membagikan tips bagi para agen untuk memudahkan menjual rumah second:

 

1. Riset Harga Pasaran 

Sebelum menjual rumah, wajib mengetahui harga ideal dengan melakukan riset harga pasaran di area sekitar rumah tersebut. Terkadang banyak yang menjual rumah secondary tanpa mencari tahu harga, sehingga harga jual terlalu murah atau tinggi.

"Wajib untuk melakukan survei mengenai harga rumah yang akan dijual terutama survei harga rumah di area rumah yang akan dijual,” tutur Berly.

 #GOOGLE_ADS#

2. Menggunakan Jasa Agen Resmi

Penggunaan agen resmi dan profesional akan membantu proses penjualan rumah second lebih mudah. Alasannya, agen mempunyai konsumen-konsumen royal yang akan membeli properti dan sudah memiliki banyak pengalaman dalam menjual rumah, termasuk rumah second.

"Kemungkinan besar rumah second akan lebih cepat terjual dengan bantuan agen. Agen juga akan membantu mengurus seluruh proses seperti pengajuan KPR ke bank hingga notaris,” jelas Berly.

Salah satu tantangan terbesar dari rumah second adalah pajak. Penjual wajib membayar pajak 2,5 persen dan pembeli wajib mengeluarkan sebesar 5 persen. "Agen dapat membantu untuk proses pengurusan pajak tersebut dengan notaris," ujarnya.

 

3. Mengiklankan Rumah

Wajib melakukan iklan properti di berbagai platform baik gratis maupun berbayar. Semakin banyak menyebarkan informasi maka akan semakin cepat terjual.

"Riset terlebih dahulu mengenai platform mana yang saat ini sedang booming. Hal ini dapat membantu rumah cepat terjual,“ jelas Berly.

 #GOOGLE_ADS#

4. Mengikuti Forum Properti di Media Sosial

Grup forum co-brokerage banyak tersedia di sosial media terutama Facebook dan Whatsapp grup. Bagi para agen harus bergabung forum ini karena memiliki banyak manfaat.

"Salah satunya kita bisa share berbagai produk-produk yang akan dijual melalui grup tersebut," tutur Berly

 

5. Selalu Update Promosi

Usahakan selalu mengupdate promosi rumah yang dijual di berbagai sosial media seperti Whatsapp, Instagram, Twitter, Facebook dan lainnya. Platform sosial media ini sangat membantu penyebaran informasi dengan cepat.

"Terkadang orang yang melihat juga akan membantu untuk menyebarkan informasi rumah yang sedang dijual. Mengunggah foto yang bagus dan menarik serta penjelasan informasi rumah secara detail perlu diperhatikan,” katanya.

 

6. Memasang Spanduk Open House di Area Sekitar Rumah

Pasanglah spanduk dengan keterangan rumah dijual atau mengadakan open house. Walaupun banyak memasarkan produk melalui media sosial, properti tetap membutuhkan sentuhan offline. Untuk mengadakan open house, bisa memasang plang dan petunjuk di jalan mengenai informasi open house rumah yang dijual.

"Open house juga sangat menarik karena calon pembeli dapat melihat rumah secara langsung,“ ucap Berly.

 

7. Rapihkan Rumah Semenarik Mungkin

Sebagai tips terakhir, unit rumah bisa dirapihkan dahulu dengan sangat menarik, sehingga dapat memancing minat calon pembeli. 

“Sering ditemui ketika agen menemani pelanggan untuk melihat rumah, rumah yang disediakan sangat berantakan seperti cat sudah luntur, halaman sudah penuh dengan rumput. Hal ini dapat mengubah minat pembeli menjadi gagal membeli, karena rumah yang disediakan tidak sesuai ekspektasi terutama tidak sesuai seperti di foto,” tutup Berly.

Berly menambahkan, saat ini Pinhome memiliki promo GELEGAR yakni Gebyar Promo Properti dan Pengajuan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) yang berlangsung hingga akhir bulan Juni. Para agen bisa menyebarkan informasi mengenai promo GELEGAR ke calon pembeli. 

Calon pembeli dapat membeli rumah dengan bebas biaya administrasi hingga 50 juta. Promo beli rumah dengan KPR bunga super rendah yaitu hanya 3 persen per tahun. Promo ini juga berhadiah emas hingga garansi atap rumah anti bocor.