TangerangNews.com

Lokasi Terdampak Banjir di Ciledug Tangerang Disemprot Disinfektan

Achmad Irfan Fauzi | Senin, 18 Juli 2022 | 12:48 | Dibaca : 224


Penyemprotan cairan disinfektan di lokasi terdampak banjir di Perumahan Puri Kartika, Kelurahan Tajur, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang. (@TangerangNews / Achmad Irfan Fauzi)


TANGERANGNEWS.com-Lokasi terdampak banjir di Perumahan Puri Kartika, Kelurahan Tajur, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang disemprot cairan disinfektan, untuk mencegah masyarakat dari penyakit, Senin 18 Juli 2022.

Penyemprotan tersebut dilakukan oleh petugas Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang. Adapun cairan disinfektan yang disemprotkan ini berupa cairan Eco Enzim.

Ketua PMI Kota Tangerang Oman Jumansyah nengatakan, penyemprotan cairan disinfektan ramah lingkungan ini dilakukan untuk mencegah timbulnya bibit penyakit pascabencana banjir.

"(Penyemprotan dilakukan) yang merendam sejumlah lokasi di Tangerang di beberapa wilayah yang merupakan lokasi terparah," kata Oman.

Dikhawatirkan air, lumpur, serta material sampah yang terbawa banjir membawa bibit penyakit yang dapat mengancam kesehatan lingkungan, sehingga perlu diantisipasi.

"Cairan disinfektan sangat efektif dan reaksinya cepat untuk membunuh semua mikroorganisme seperti virus, bakteri dan jamur," jelasnya.

#GOOGLE_ADS#

Kepala Divisi Penanggulangan Bencana PMI Kota Tangerang Agus Gilang Prabowo menambahkan, cairan ini memiliki aksi residual yang lama.

Menurutnya, cairan ini juga dipengaruhi bahan organik, tidak beracun, dan tidak menyebabkan iritasi terhadap kulit maupun mata serta tidak korosif.

"Aksi ini dilakukan untuk mengantisipasi potensi risiko yang kemungkinan terjadi dan dampak pascabanjir seperti penyebaran penyakit antara lain diare, leptospirosis, demam berdarah dengue (DBD) dan lain-lain," ucap Agus.