TangerangNews.com

Jambi Tampilkan Kesenian dan Parade Budaya Sambut Delegasi G20 di Bandara Soetta

Achmad Irfan Fauzi | Jumat, 2 September 2022 | 19:30 | Dibaca : 334


Penampilan kesenian hingga parade budaya dari Pemprov Jambi untuk menyambut kedatangan delegasi G20 di Bandara Soekarno-Hatta, Jumat, 2 September 2022. (Achmad Irfan Fauzi / @TangerangNews.com)


TANGERANGNEWS.com-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi menampilkan kesenian hingga parade budaya untuk menyambut kedatangan delegasi G20 dari berbagai negara di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Jumat, 2 September 2022.

Gubernur Jambi Al Haris mengatakan, penampilan yang disuguhkan ini ditujukan sebagai rasa bangganya Indonesia sebagai tuan rumah Presidensi G20 pada 2022.

"Kami bangga Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah Presidensi G20. Bentuk kita bangga sebagai bangsa Indonesia, kita pun juga ingin tampil serta sekaligus mempromosikan Jambi di mata dunia," ujarnya di Terminal 3 Bandara Soetta.

Al Haris menuturkan, pihaknya juga siap mendukung komitmen Presidensi G20 dalam pemulihan ekonomi dunia pascadilanda pandemi Covid-19. Sumber daya alam (SDA) seperti batu bara, emas serta sektor pertanian menjadi andalan Provinsi Jambi dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

Ia menyebut, sisi budaya yang tertanam di Jambi juga diharapkan dapat mendukung komitmen G20 tersebut. "Budaya utama kita itu seperti Candi Muaro yang terbesar di Asia Tenggara," paparnya.

Kasubid Promosi, Informasi dan Seni Budaya pada Anjungan Jambi di Taman Mini Indonesia Indah, Primarani menjelaskan, tarian Sekapur Sirih khas Jambi akan ditampilkan di untuk menyambut kedatangan delegasi G20 setiap Jumat di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, hingga dimulainya acara tersebut.

#GOOGLE_ADS#

"Kita diberi kesempatan setiap provinsi untuk menampilkan parade ini, satu minggu sekali, setiap Jumat, sampai nanti akhir November, puncaknya nanti di Bali," kata Prima.

Selain memperlihatkan tarian daerah, Provinsi Jambi juga memperkenalkan kain batik dan topi lacak khas Jambi.

"Ini salah satu bentuk dukungan pemerintah daerah atas terpilihnya Indonesia sebagai Presidensi G20 2022. Kami pun memakaikan topi itu di tiap delegasi G20 yang tiba di Indonesia," pungkasnya.