TangerangNews.com

Mengingat Kembali Remaja Tangerang Peretas Situs NASA yang Pernah Dikeroyok

Achmad Irfan Fauzi | Sabtu, 17 September 2022 | 09:50 | Dibaca : 1046


Putra Aji Adhari, berusia 15 tahun saat mengoperasikan komputer di kediamannya Kota Tangerang. (TangerangNews/2019 / Achmad Irfan Fauzi)


TANGERANGNEWS.com-Belakangan ini pemberitaan tentang peretasan ramai di media massa. Peretas atau hacker yang membuat heboh itu bernama Bjorka. Bjorka membongkar data-data pribadi sejumlah tokoh dan pejabat publik pemerintah Indonesia. 

Namun, jauh sebelum viralnya Bjorka, ada talenta muda yang mendunia asal Kota Tangerang bernama Putra Aji Adhari. Remaja yang kini berusia 18 tahun tersebut dikenal publik karena aksinya meretas situs National Aeronautics and Space Administration (NASA).

Warga Ciledug, Kota Tangerang, tersebut pada Rabu, 3 April 2019 pernah menceritakan bahwa ia gemar bermain gim daring, kemudian membuatnya termotivasi untuk memiliki keahlian menyusup ke situs manapun, salah satunya situs NASA.

Namun, ternyata Putra tidak memiliki tujuan jahat, ia justru membantu pihak NASA atau situs lainnya untuk mengetahui kelemehan dengan melakukan penetration testing.

Penetration testing merupakan upaya masuk ke situs tertentu dan menemukan celah yang sekiranya rentan disusupi hacker jahat.

Setelah tujuannya berhasil yaitu melakukan penetration testing, Putra si bocah baik hati ini membantu pihak NASA dengan memberitahu bahwa ada bug (cacat desain), sehingga rawan dimasuki hacker jahat.

Selain NASA, sebelumnya ia juga mengaku berhasil masuk ke situs Bank Central Asia (BCA), Bank Mandiri, Bank Jateng, dan situs perusahaan besar lainnya.

#GOOGLE_ADS#

Hebatnya lagi, untuk dapat masuk ke situs perusahaan besar nasional bahkan internasional, Putra hanya membutuhkan waktu sekira tiga menit. Bahkan satu menit jika tingkat keamanan situs itu lemah.

Ia mengaku bila sudah berhasil membobol sebuah situs dan masuk ke database-nya, ia sering melihat banyak nominal uang hingga miliaran. Namun, ia ini tidak ingin dicoleknya, karena ia ingin rezeki yang halal saja.

Kemampuan membobol situs tersebut didapat Putra secara otodidak dengan membaca artikel di internet, menonton tayangan di YouTube dan bergabung dengan Komunitas IT se-Indonesia. 

Selain itu, ia juga mengidolakan beberapa tokoh berpengaruh dalam dalam bidang IT. Seperti Bill Gates pemilik Microsoft Word dan Mark Elliot Zuckerberg pendiri Facebook serta hacker asal Indonesia yakni Jim Geovedi dan kang Onno.

Putra Pernah Dikeroyok

Putra pernah mengalami insiden yang tidak mengenakan. Ia pernah dikeroyok oleh orang tidak dikenal hingga mengalami luka sayatan di bagian tubuhnya pada Rabu 22 Juli 2020. Usai dikeroyok, Putra pun dirawat di RSCM Jakarta.

Sebelum dikeroyok, Putra pamit dengan ibundanya untuk membuat sebuah karya video bersama rekan-rekannya. Namun, ketika pagi hari pihak keluarganya mendapat kabar bahwa Putra berada di rumah sakit.

Saat mengetahui bahwa Putra menjadi korban pengeroyokan oleh orang tidak dikenal, ayahnya langsung melapor ke pihak berwajib. 

Pihak kepolisian saat itu membenarkan kejadian yang menimpa remaja yang pernah viral tersebut. Dalam kasus ini, pihak kepolisian mengamankan satu orang pelaku. 

Kepolisian juga enggan mengungkap lebih rinci ihwal kasus pengeroyokan tersebut. Jadi, tidak diketahui motif pengeroyokan Putra oleh orang tak dikenal ini.