TangerangNews.com

Begini Cara Generasi Muda Memaknai Hari Pahlawan 2022

Fahrul Dwi Putra | Selasa, 8 November 2022 | 08:48 | Dibaca : 1151


Taman Pahlawan Tangerang di Jalan TMP Taruna, Kota Tangerang. (Fahrul Dwi Putra / @TangerangNews.com)


TANGERANGNEWS.com-Hari Pahlawan akan diperingati pada Kamis 10 November 2022. Peringatan hari pahlawan ini sudah diperingati sejak 10 November tahun 1959 sesuai dengan Keputusan Presiden nomor 316 tentang Hari Nasional yang bukan hari libur.

Sebagai generasi muda, harus mengapresiasi jasa-jasa para pahlawan dengan terus melanjutkan perjuangan. Tidak dengan senjata dan bambu runcing, melainkan dengan memberikan kontribusi terhadap negara dan ikut andil dalam mensejahteraan Indonesia.

Lalu, bagaimana sikap generasi muda dalam memaknai hari penting ini. Berikut sikap-sikap baik yang harus dimiliki anak muda saat memperingati Hari Pahlawan seperti dilansir dari idntimes.com, Selasa 8 November 2022. 

Jadikan Hari Pahlawan sebagai motivasi menjalani kehidupan

Seperti yang telah disebutkan, perjuangan tidak harus melalui perang, meraih prestasi dan berjuang menggapai cita-cita pun sudah termasuk dalam perjuangan. Momentum hari pahlawan adalah waktu yang tepat untuk memunculkan kembali semangat itu dalam diri setiap anak muda.

BACA JUGA: Peringati Hari Santri, Wali Kota Tangerang Ajak Santri Jaga Persatuan Bangsa

Di zaman teknologi dan arus informasi yang begitu cepat, generasi muda harus bisa mengedepankan sila Pancasila dan menjaga etika. Menciptakan prestasi bukan perpecahan adalah satu bentuk menghargai jasa pahlawan.

Hari Pahlawan sebagai pembuktian dan evaluasi diri generasi muda

Hari pahlawan bukan hanya sekadar peringatan hari besar, hendaknya momen ini dijadikan sebagai bahan evaluasi bahwa tiap individu harus mampu menjadi pahlawan di masa sekarang.

Dengan memaknai pengorbanan pahlawan bangsa, dengan mengedepankan sikap tangguh dan pantang menyerah serta gigih berjuang generasi muda mampu mengubah bangsa ke arah yang lebih baik.

Millenial mampu jadi pahlawan negeri sesuai kemapuan masing-masing

Perjuangan setiap zaman berbeda-beda, jika dahulu para pejuang berusaha merebut kemerdekaan dengan tumpah darah dan mempertaruhkan nyawa. Kini, para generasi muda pun bisa menjadi sosok pahlawan dengan sesuai kemampuan, pekerjaan, dan kapasitas masing-masing. 

BACA JUGA: Ini Akademi Militer Pertama yang Dibentuk Daan Mogot di Tangerang

Keturunan pahlawan nasional yang juga keturunan Sunan Kalijaga, Nyi Ageng Serang pernah berpesan.

"Untuk keamanan dan kesentausaan jiwa, kita harus mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa, orang yang mendekatkan diri kepada Tuhan tidak akan terperosok hidupnya, dan tidak akan takut menghadapi cobaan hidup, karena Tuhan akan selalu menuntun dan melimpahkan anugerah yang tidak ternilai harganya."

Memaknai Hari Pahlawan dengan sikap bertanggung jawab dan amanah

Memaknai hari pahlawan bisa dilakukan dengan cara yang paling sederhana, yakni senantiasa bersikap tanggung jawab, terlebih jika dipercaya suatu amanah.

LIHAT JUGA: Berbagai Event Seru Meriahkan Community Fest di Mal Ciputra Tangerang

Generasi muda dapat mengambil konteks kemajuan NKRI, seperti komitmen menjaga perdamaian. Atau bekerja sama menjunjung Bhineka Tunggal Ika dengan mencerminkan sikap ramah tamah dan baik terhadap siapa saja.

#GOOGLE_ADS#

Itulah beberapa cara memaknai dan menyikapi peringatan hari pahlawan. Jadikan hari tersebut sebagai momentum bangsa menjadi bangsa yang maju dan beradab.