TangerangNews.com

Hasil Karya Mahasiswi Tangerang jadi Maskot Resmi Pemilu 2024

Fahrul Dwi Putra | Sabtu, 26 November 2022 | 17:29 | Dibaca : 601


Stephanie, mahasiswi Universitas Pradita, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, berhasil memenangkan Lomba Maskot Pemilu 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI). (Istimewa / Istimewa)


TANGERANGNEWS.com-Stephanie, mahasiswi Universitas Pradita, Kecamatan Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang, berhasil memenangkan Lomba Maskot Pemilu 2024 yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI).

Diketahui lomba tersebut diikuti hingga 680 karya, dari ratusan karya tersebut, maskot berupa sepasang jalak Bali buatan Stephanie keluar sebagai pemenang.

Sepasang jalak Bali itu, yang laki-laki bernama SURA yang merupakan akronim "suara rakyat". Sedangkan yang perempuan dinamakan SULU sebagai kependekan dari "suara pemilu".

SULU dan SURA memperlihatkan wajah tersenyum beserta bendera merah putih di bagian pipi. Lalu, mengenakan baju berwarna putih dilengkapi dengan logo KPU di tengahnya.

Salah tangan dari maskot mengenggam paku untuk mencoblos, sementara tangan lainnya mengacungkan jari kelingking dengan tinta warna ungu sebagai simbolis telah menunaikan hak suaranya.

Adapun ditinjau dari segi filosofis, kicauan burung jalak bali yang terkenal ini melambangkan suara pemilih. Mimik muka yang didesain belia dianggap mewakilkan Pemilu 2024 yang akan didominasi pemilih generasi muda.

BACA JUGA: KPU Kabupaten Tangerang Buka Pendaftaran Anggota Badan Ad-Hoc Pemilu 2024, Ini Syaratnya

Deputi Program Desain Grafis di Politeknik Multimedia Nusantara, Caroline Sunarko, yang juga selaku dewan juri memberikan respon positif atas karya maskot ini. Menurut Caroline, karya maskot SULU dan SURA dapa menampilkan unsur ke-Indonesiaan.

Dewan juri pun menilai bahwa SULU dan SURA mudah dimodifikasi menggunakan baju adat masing-masing daerah. 

Sementara itu melansir dari kompas.com, Sabtu 26 November 2022, dewan juri lain, Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat KPU RI, August Mellaz berharap agar maskot ini dapat membantu meningkatkan partisipasi publik dalam Pemilu 2024.

#GOOGLE_ADS#

"Maskot ini diharapkan dapat membantu masyarakat mengenal, mengingat, dan akan menggunakan hak pilihnya dalam Pemilu 2024 mendatang," kata Mellaz.