TangerangNews.com

Cegah Kejahatan Digital, Simak Tips Aman dari Hacker

Fahrul Dwi Putra | Rabu, 7 Desember 2022 | 11:40 | Dibaca : 258


Ilustrasi Hacker. (@tangerangnews 2017 / Denny Bagoes Irawan)


TANGERANGNEWS.com-Di era digital saat ini, hampir semua kegiatan dilakukan secara online dengan bantuan perangkat dan koneksi internet. Mulai dari belanja online hingga melakukan transaksi finansial.

Meski memberi banyak kemudahan, kecanggihan teknologi juga menjadi celah bagi orang-orang yang melakukan kejahatan di dunia maya. 

Sudah banyak kasus pembobolan akun media sosial oleh para peretas (hacker) kerap terjadi. 

Penyebab dari pembobolan akun media sosial ini tidak hanya ada pada peretas yang mampu melakukan pembobolan saja, tapi ada kesalahan yang dilakukan penggunanya.

Maka dari itu, sangat penting bagi masyarakat untuk peduli menjaga keamanan akun media sosial.

Juru Bicara Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) Ariandi Putra mengatakan, pembobolan akun media sosial merupakan salah satu contoh ancaman keamanan pada perangkat digital. 

Berikut tips untuk menghindari kejahatan digital seperti dikutip dari Tribunnews.com Rabu 7 Desember 2022:

1. Gunakan Jaringan Aman-Waspada saat menggunakan Wi-Fi umum atau gratis, jangan masukkan informasi sensitif di jaringan umum.

2. Lalu, perkuat keamanan akun mulai dari cek fitur keamanan ponsel, buat kata sandi yang kuat, buat kata sandi yang berbeda-beda untuk setiap akun. Gunakan Password Manager untuk menyimpan kata sandi dan aktifkan 2FA untuk setiap akun di media sosial.

3. Hindari Upaya Phising, dengan waspadai tautan (link) situs web yang mencurigakan, hati-hati dengan peniru identitas, waspadai permintaan informasi pribadi, waspadai surel berisi scam, seperti penawaran hadiah dan eriksa file sebelum diunduh.

4. Selanjutnya, Lindungi Ponsel dengan selalu perbarui (update) aplikasi di ponsel, jangan pasang aplikasi yang tidak dikenal, gunakan kunci layar di ponsel dan unci ponsel jika hilang.